Kayungyun, Paguyuban Mojang-Jajaka Cianjur Buka Warung Gratis

0
263

CIANJUR, patas.id – Sekilas, saat mendengar frasa Pasanggiri Mojang-Jajaka, tentu kita membayangkan wajah-wajah anak-anak muda cantik tampan yang berada di atas panggung, tersenyum di bawah sorot spotlight, diiringi gemuruh suara tepuk tangan meriah. Tentu saja, demikianlah suasana dalam sebuah Pasanggiri Mojang-Jajaka.

Namun dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak muda itu menjalani kehidupan yang bisa saja, sama seperti anak muda yang lain. Mereka bersekolah, kuliah, berjibaku dengan tugas dan pekerjaan, mengeluh urusan cinta, serta sesekali nongkrong atau mengadakan kegiatan. Yang harus dicatat adalah, Paguyuban Mojang-Jajaka (Moka) Cianjur berinisiatif mengadakan kegiatan yang luar biasa, estu matak pikayungyuneun.

Komunitas yang bermarkas di Jalan Pangeran Hidayatullah No. 25 ini telah dua kali membuka warung gratis. Yang pertama adalah warung takjil saat Ramadhan 2016. Di pinggir jalan, anggota Moka Cianjur membagikan makanan kecil untuk para pengguna jalan. Warung gratis kedua dibuka di acara Kemisan Bojongherang, dimana mereka membagikan makanan bagi para peserta pengajian.

Sambutan yang didapat dalam kedua acara tersebut menggembirakan. Oleh karena itu, Warung Gratis Paguyuban Moka Cianjur akan diadakan kembali pekan ini, ungkap Witri Erdiawati (22 tahun), Humas Paguyuban Moka Cianjur. Gadis lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) UPI Bandung ini mengatakan bahwa Warung Gratis ke-3 akan diadakan di Mesjid At-Tarbiyah, Joglo, pada hari Sabtu (28 Januari 2017) pukul 16.00 WIB.

“Kebetulan lokasinya dekat dengan sekretariat, tinggal nyebrang jalan,” ujarnya saat dihubungi patas.id, Kamis (26 Januari 2017). Menurutnya, untuk kegiatan tersebut, para mojang-jajaka Cianjur tersebut memasak sendiri. Dana yang dipakai untuk kegiatan berasal dari uang kas, sumbangan individu, serta merogoh saku sendiri.

“Untuk warung Gratis yang ke-3 pekan ini insya Allah mau bikin 100 porsi makanan. Dananya dari uang kas, sumbangan individu, serta uang masing-masing anggota, seikhlasnya. Kami masak sendiri semuanya, di sekretariat. Rencananya, kegiatan Warung Gratis akan diadakan secara reguler tahun ini, yaitu dua minggu sekali.”

Paguyuban yang anggotanya adalah alumni Mojang-Jajaka Cianjur ini memiliki anggota aktif sebanyak kurang lebih 50 orang yang tersebar di berbagai wilayah Cianjur. Witri sendiri berasal dari Cikaret dan mengaku baru pertama kali terlibat langsung dengan kegiatan Warung Gratis, sebagai Humas. Jadi, jika ada pembaca patas.id yang berniat menyumbang untuk kegiatan yang –sekali lagi, pikayungyuneun ini, hubungi saja Witri melalui WA/Line di 085759466994.

“Kami menerima titipan berupa masakan, bahan baku, peralatan makan, atau uang tunai. Silakan, yang penting ikhlas. Insya Alloh kami kelola dengan amanah,” pungkas gadis yang pernah mendapat gelar sebagai “Mojang Mimitran” dalam Pasanggiri Mojang-Jajaka Jabar 2015 ini dengan ramah. (cho)

Comments

comments