Laris Manis Motor Listrik Nasional Gesits

0
253

JAKARTA, patas.id – Setelah sukses touring Jawa-Bali pada 7-11 November 2016 kemarin, motor listrik buatan anak bangsa, Gesits, mendapat respon luar biasa, laris manis di pasaran. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menyebutkan pemesanan motor listrik Gesits telah mencapai angka 20 ribu unit.

Pemesanan tersebut di antaranya dilakukan oleh pemerintah Bali sebanyak 10 ribu unit, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sebanyak 5.000 unit, dan sisanya dari perusahaan lain. Untuk diketahui, sekitar 70 persen skuter matik menyumbang penjualan sepeda motor di Indonesia untuk setiap tahunnya dengan total 8 juta motor. Jika Gesits bisa mencapai merebut 1 persen pasar atau sekitar 6.000 per tahunnya, itu merupakan hasil yang cukup bagus. Oleh karena itu, pemesanan sebanyak 20 ribu dianggap fantastis.

Gesits adalah sepeda motor listrik nasional yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Garansindo. Nama Gesits merupakan singkatan dari “Garansindo Electric Scooter ITS”. Motor ini kabarnya akan diproduksi pada tahun 2017, dan sudah melewati serangkaian proses pengembangan sejak tahun 2015 lalu. Gesits adalah produk riset universitas pertama yang berhasil menuju hilirisasi atau diproduksi secara massal.

Motor listrik Gesits rencananya akan dijual dengan harga di bawah Rp 20 juta per unit. Chief Executive Officer (CEO) Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, mengungkapkan bahwa biaya yang dikeluarkan oleh pengguna sepeda motor listrik juga akan lebih hemat 30-50 persen dibandingkan dengan biaya penggunaan motor konvensional karena motor listrik Gesits akan menggunakan tenaga baterai yang dapat diisi ulang.

Pengisian baterai Gesits membutuhkan waktu sekitar 1,5-3 jam. Dalam kondisi baterai terisi, motor dapat menempuh jarak 80-100 kilometer dengan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam, setara skuter konvensional dengan kapasitas 125 cc. Untuk mesin, Gesits akan mengandalkan mesin bertenaga listrik dengan daya motor sebesar 5KW, dan mengadopsi baterai lithium ion  berdaya 1.980 WH yang diimport langsung dari Jepang, sedangkan komponen lainnya merupakan hasil riset dan pengembangan yang dilakukan pihak ITS.

Berminat? Motor listrik nasional ramah suara, ramah lingkungan, dan berteknologi sama canggihnya dengan sepeda motor listrik Zero buatan Amerika Serikat ini konon akan dijual bebas mulai 2018. Malas mengisi ulang baterai? Jangan khawatir, Gesits akan menyediakan sistem tukar-tambah. Baterai Gesits akan dapat dijumpai dengan mudah di SPBU atau minimarket yang tersebar di berbagai daerah. Kita tinggal menukarkan baterai yang kosong dengan baterai yang telah terisi penuh. (cho)

Comments

comments