Pohon 15 Meter Tumbang Menimpa Sasak Gym

0
204


CIANJUR, patas.id – Pohon setinggi 15 meter ‎di komplek Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tumbang dan menimpa bangunan empat lantai di depannya, Rabu (8 Maret 2017).

Berdasarkan informasi yang dihimpung patas.id, kejadian itu bermula dari sungai yang mengalami kenaikan volume air setelah diguyur hujan selama beberapa jam. Diduga, arus sungai mengikis tanah di dalam Tembok Penahan Tanah (TPT) di bantaran Sungai Cianjur tempat pohon berdiameter 2,5 meter itu tumbuh‎.

Akibat tidak kuat lagi menahan beban, tanah di sekitar pohon terangkat dan membuat pohon itu tumbang membentur bangunan dengan suara keras. Hal tersebut dikisahkan oleh Dadan Heryanto (33 tahun), salah seoran penjaga yang berada di lokasi.

“Kejadiannya sekitar pukul 01.45 WIB, tidak tahu awalnya gimana. Tapi tiba-tiba ada suara keras ngebentur bangunan. Kebetulan saya di dalam. Begitu bangun, lihat bagian bangunan dekat sungai sudah rusak tertimpa pohon.”

Menurut Dadan, ‎pohon besar itu tidak hanya merusak banunan lantai dua, namun bagian bangunan lainnya di lantai 1, 3, dan 4. Namun yang paling parah ialah di lantai 2. “Kalau lantai 3 dan 4 hanya kena rantingnya saja, jadi tidak begitu rusak. Tapi lantai 1 dan dua sampai jebol temboknya, kaca juga pecah,” tuturnya.

Akibat kejadian tersebut, tutur Dadan, aktivitas olahraga di Sasak Gym ditutup sementara. Kerugian pun ditaksir mencapai puluhan juta. “Kalau senam dihentikan, yang gym masih bisa tapi sepertinya ditutup dulu sampai pohon dibersihkan oleh Dinas. Kerugian mungkin puluhan juta, soalnya ada alat-alat yang rusak,” kata dia. (isl)

Comments

comments