Identitas Sukma, Korban Kebakaran di Jeddah, Masih Belum Jelas

0
198

CIANJUR, patas.id – Sukma (33 tahun) bersama tiga anaknya meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran di Distrik Al-Safa, Jeddah, Arab Saudi, beberapa hari lalu. Korban dikabarkan merupakan warga Cianjur, namun identitas lengkapnya masih belum diketahui.

Peristiwa yang terjadi pada Jum’at (3 Maret 2017) pukul 03:42 pagi waktu setempat tersebut berawal dari sebuah kasur yang terbakar sehingga mengakibatkan kepulan asap, api sudah padam saat tim penyelamat datang. Tetapi saat kejadian, korban dalam keadaan tertidur di sebuah kontrakan yang terdiri dari kamar tidur, dapur dan ruang tamu. Seluruh korban meninggal dunia diduga karena asfiksia (kekurangan oksigen).

BACA: Korban Tewas Dalam Kebakaran di Jeddah Diisukan Dari Cianjur

Kepala Seksi Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur, Ahmad Ubaidillah mengaku belum mendapatkan informasi mengenai peristiwa tersebut, termasuk korban yang diperkirakan merupakan warga Cianjur.

“Belum ada informasi, tapi akan saya tindaklanjuti. Nanti akan dihubungi rekan di Jakarta untuk memastikan ke Jeddah apakah ada warga Cianjur yang terbakar di sana atau bukan,” ujar dia, Senin (6 Maret 2017). Menurutnya, jika warga Cianjur, Sukma juga harus dipastikan merupakan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) atau bukan. “Nanti dilihat juga statusnya, sebagai TKI atau sebagai apa di sana,” ujar dia.

Ubai mengatakan, jika TKI dan legal, biasanya korban sakit atau peristiwa tersebut akan mendapatkan asuransi dari pihak pemberangkatan. Apalagi jika menjadi korban kecelakaan ketika bertugas.

“Jadi harus dipastikan dulu statusnya. Pasti ada asuransi bagi korban dan informasi juga ke keluarga. Pemulangan juga bisa cepat kalau memang kejadian seperti itu.”

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar, menuturkan bahwa pencarian data warga Cianjur di luar negeri selalu mengalami kesulitan, sebab seringkali mereka yang berangkat tidak melapor.

“Kalau lapor jadi lebih mudah cari identitasnya. Selain itu untuk cari alamat juga harus ada identitas lengkap.”

Namun, lanjut dia, Disdukcapil juga akan mencari identitas Sukma yang dikabarkan menjadi korban kebakaran di Jeddah. “Kami koordinasi dengan dinas terkait, kalau identitas dan alamatnya sudah diketahui langsung ditindaklanjuti,” janjinya. (isl)

Comments

comments