Penyertaan Modal untuk Perumdam Terancam Ditunda

0
202

CIANJUR, patas.id – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyertaan Modal ‎Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur tampaknya akan ditunda. Kesiapan dan ketepatan waktu pengusulan pun jadi pertimbangan.

Hal itu diungkapkan Ketua Pansus Raperda DPRD Kabupaten Cianjur, ‎Usep Setiawan. Menurutnya, banyak pertimbangan yang dilakukan oleh Dewan terkait penyertaan modal tersebut, salah satunya analisis investasi dari konsultan.

“Harus ada analisisnya dulu‎, berapa besar penyertaan modal tersebut memberikan kontribusi kepada pemda,” kata dia saat ditemui usai Rapat Pansus di Ruang Badan Anggaran DPRD Kabupaten Cianjur, Jumat (16 Desember 2016).

Selain itu, kata dia, penetapan atau pengesahan Raperda yang menyangkut penyertaan modal seharusnya ditetapkan sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) murni. Sementara itu Cianjur telah menetapkan APBD 2017, November lalu.

“Kalau sudah ditetapkan sebelumnya bisa dibahas masuk dalam mana, tapi sekarang kan sudah ditetapkan APBd-nya. Kalaupun dipaksakan tetap penyertaannya akan sulit,” kata dia.

Kendati begitu, penundaan Raperda Penyertaan Modal Perumdam Tirta Mukti belum final. Pasalnya masih akan melanjutkan ke tahap pembahasan lebih lanjut sebelum paripurna.

“Kemungkinan besar tak lolos, tapi masih ada waktu pembahasan sebelum penetapan. Kita lihat saja nanti apa keputusannya,” kata dia.

Sementara itu, Anggota Pansus DPRD Kabupaten Cianjur, Tavip Darmawan, menilai Perumdam Tirta Mukti pun belum siap untuk penyertaan modal tersebt. Apalagi nilai yang mencapai Rp 50 miliar selama lima tahun itu harus dikaji dengan matang.

“Saat rapat masih banyak persiapan yang kurang. Makanya Pansus menilai perlu di-pending untuk waktu yang tidak ditentukan,” tuturnya.(isl)

Comments

comments