Setiap Bulan, Cianjur Dilanda 6 Kali Bencana

0
249

CIANJUR, patas.id – ‎Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat, terjadi lima sampai enam bencana alam di Cianjur setiap bulannya di tahun ini.

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, bencana alam yang terjadi mulai dari banjir, longsor hingga puting beliung di sejumlah wilayah rawan bencana di Cianjur.

“Kebanyakan banjir dan longsor, kalau puting beliung hanya beberapa. Dalam setahun juga sebanyak 3 kali, tetapi banjir dan longsor sudah beberapa kali, dan dampaknya tidak hanya kerusakan fisik namun juga korban jiwa,” kata dia saat dihubungi patas.id, selasa (8 November 2016).

Menurutnya, dibandingkan tahun lalu, intensitas bencana di 2016 ini menurun. Dari yang semula terjadi 10 bencana setiap bulannya, kini hanya lima sampai enam bencana per bulan.

“Memang menurun untuk urusan banyaknya, tapi tetap saja perlu diwaspadai, sebab bencana bisa datang kapan dan dimana saja,” kata dia.

Di sisi lain, saat ini BPBD masih melakkan assesmen terhadap bencana angin puting beliung di Desa Jatisari Kecamatan Bojongpicung. Terdata 4 rumah rusak berat dan 16 lainnya rusak ringan.

“Kami sudah turunkan tim ke sana untuk melakukan assesmen dan membawa logistik untuk para korban,” kata dia.(isl)

Comments

comments