Januari-Oktober, Penderita HIV/AIDS Bertambah 40 Orang di Cianjur

0
242

CIANJUR, patas.id – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Cianjur mencatat 41 warga Cianjur menjadi laki-laki suka laki-laki (LSL) atau gay. Sepanjang Januari hingga Oktober mereka positif terjangkit HIV/AIDS.

Konselor Voluntary Counselling and Testing (VCT) KPA Kabupaten Cianjur, Cicih Kurniasih, jumlah penganut LSL atau gay di Kabupaten Cianjur ini terus menunjukkan peningkatan drastis setiap tahunnya.

“Ironisnya, mayoritas adalah remaja termasuk yang masih berstatus pelajar. PNS juga ada, dan sisanya dari kalangan umum,” kata dia, Selasa (1/11).

Menurutnya, dari 500 orang gay di Cianjur, 90 persen di antaranya remaja atau pelajar.

“Untuk kasus gay ini kita tengah konsen karena ini erat kaitannya dengan perkembangan dan penularan HIV/AIDS, karena aktivitas seksual yang dilakukan oleh mereka tanpa alat pengaman paling cepat penularannya,” ucapnya.

Dia mengatakan, dari 41 orang itu beberapa di antaranya meninggal dunia lantaran tidak terdeteksi dini terjangkit virus tersebut, sehingga pengobatannya tidak maksimal

“Dari jumlah tersebut, lima orang di antaranya meninggal. Sedangkan untuk bulan ini ada penambahan lima orang yang terdata positif (HIV/AIDS),” kata dia.(isl)

Comments

comments