Relawan Anti Narkoba Dikukuhkan Saat Peringatan Sumpah Pemuda

0
249

CIANJUR, patas.id – Sebanyak seratusan pemuda dari ormas dan pemuda dari setiap kelurahan di wilayah kota dikukuhkan menjadi relawan anti narkoba dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Pendopo Cianjur, Jumat (28/10).

Kepala Seksi Pencegahan BNNK Cianjur, Asep Husen‎, mengatakan, para relawan tersebut bertugas untuk mencegah peredaran narkoba dengan menyisir titik dan wilayah yang rawan.

“Kalau hanya menindak dan menangkap para penyalahguna itu mudah, tapi kami ingin mencegah melalui para relawan ini‎,” kata dia saat ditemui di Pendopo Cianjur.

Menurutnya, para relawan ini akan berkoordinasi langsung melalui jaringan BNNK Cianjur dan kepolisian. Sehingga jika menemukan kendala terutama dalam mencegah penyebaran narkoba bakal lebih mudah.

“Ketika pencegahan melalui sosialisasi berkenaan dengan sosial, pendidikan, dan agama tak mempan oleh para pengedar, kami yang bertindak,” kata dia.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, menuturkan, para relawan ini tidak hanya bisa mengantisipasi namun menghilangkan peredaran narkoba. Tidak hanya itu, mereka juga didorong untuk mengantisipasi penjualan minuman keras di Cianjur.

“Jadi di samping narkoba mereka juga bisa mencegah peredaran miras, sehingga pemuda di Cianjur bisa terhindar dari perilaku negatif,” kata dia.

Alea Thea (24), salah seorang relawan mengaku tertarik untuk menjadi relawan lantaran merasa prihatin dengan kondisi pemuda Cianjur saat ini yang mulai terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Dia tidak ingin generasi Cianjur ke depan‎ rusak oleh narkoba.

“Intinya saya ingin Cianjur bebas narkoba, sebab ketika tidak dicegah akan banyak yang terjerumus. Soalnya sekali mencoba pasti akan ketagihan,” kata dia.(isl)

Comments

comments