Tebing Longsor Menimpa Jalan Utama Desa Sukajadi

0
252

CIANJUR – ‎Selain di Sindangbarang, bencana akibat hujan deras Rabu (31 Agustus) malam juga terjadi di Cibinong. Tebing di Desa Sukajadi Kecamatan Cibinong longsor dan menimbun jalan utama di kawasan tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, kajadian longsor tersebut hampir bersamaan dengan bencana Banjir Bandang di sindangbarang.

“Selang beberapa menit dari Banjir Bandang kami dapat laporan jika ada longsor di Cibinong. Jalan utama yang tertimpa material longsoran,” paparnya saat dihubungi melalui telepon seluler.

Menurutnya, hujan deras yang mengguyur lebih dari dua jam membuat tebing yang mengalami retakan lantaran kemarau selama seminggu akhirnya longsor. Ketinggian tebing mencapai tiga meter dengan panjang 25 meter.

“Badan jalan yang tertutup hingga enam meter. Namun sudah dinormalisasi menggunakan alat berat‎.”

Asep menuturkan, jika saat ini cuaca ekstrim masih melanda Indonesia. ‎Sehingga meski sudah masuk musim kemarau, hujan deras akan tetap terjadi. Oleh karena itu warga di wilayah rawan longsor, seperti Campaka, Cibinong, dan Cipanas harus waspada.

“Di saat cuaca ekstrim seperti ini longsor sangat rawan terjadi. Makanya warga harus waspada, sebab mungkin saja nanti ada bencana yang menimpa pemukiman, meski kami berharap hal itu tidak terjadi,”tandasnya. (isl)

Comments

comments