Besok, Truk Besar Akan Ramaikan Arus Balik

0
265

CIANJUR, patas.id – Mulai besok (29 Juni 2017) kendaraan truk kembali bisa beroperasi dan melintas di jalur utama, termasuk jalur mudik. Namun dikhawatirkan, keberadaan mereka dapat menambah kepadatan arus dan kerawanan kecelakaan, mengingat di waktu bersamaan juga puncak arus balik.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Erik Bangun Prakasa, mengatakan bahwa sesuai dengan ketentuan Kementerian Perhubungan, truk dilarang beroperasi sejak H-5 hingga H+4 Idul Fitri.

“Untuk truk bahan bahan, elpiji dan beberapa yang dikecualikan tetap bisa melintas. Tapi mulai besok semuanya udah bisa melintas kembali,” ujarnya, Rabu (28 Juni 2017).

Menurutnya, jalur yang bisa dilalui truk ialah Jalan Raya Bandung dan Jalan Raya Sukabumi, sementara untuk di jalur Puncak, truk sudah dilarang melintas, mengingat banyak kecelakaan akibat kondisi truk yang tidak laik jalan dan jalan yang curam serta banyak tikungan.

“Kalau ke jalur Puncak kan memang sudah tidak diperbolehkan melintas, jadi di dua jalur utama saja.”

Erik mengungkapkan, kembali beroperasinya truk membuat pihak kepolisian harus bekerja ekstra, sebab kepadatan arus diperkirakan akan bertambah. Tidak hanya itu, kerawanan kecelakaan juga meningkat jika kendaraan besar itu melintas di jalur mudik.

Apalagi, waktu beroperasinya truk, bertepatan dengan puncak arus balik, sebab Cianjur menjadi jalur perlintasan utama menuju Jabodetabek, khususnya pengendara sepeda motor.

“Makanya kami lakukan berbagai langkah antisipasi, mulai dari optimalisasi anggota di pos pengamanan, imbauan pada pengendara, hingga koordinasi dengan perusahaan serta pemilik truk untuk memeriksa kondisi kendaraan. Jangan sampai menimbulkan kecelakaan,” ucapnya. (isl)

Comments

comments