Kiriman Uang dari TKI Cianjur Tembus 8 Miliar Per Hari

0
311

CIANJUR, patas.id -Menjelang Idul Fitri, kiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia di berbagai negara kepada keluarganya di Cianjur melonjak. Bahkan total kiriman uang untuk lebaran di tahun ini meningkat dibandingkan 2016.

Kepala Kantor Pos Cabang Cianjur, M Wijayakatwang, memaparkan jika dibandingkan bulan Juni 2016, transaksi pengiriman wesel melalui Western Union Cianjur mengalami lonjakan mencapai 20 persen. Terlebih Cianjur memang dikategorikan sebagai salah satu kabupaten yang memiliki transaksi pengiriman uang dari luar negeri terbesar di Jawa Barat.

Dalam sehari, rata-rata transaksi bisa menembus angka Rp 8 miliar. Angka itupun membuat Cianjur berkontribusi di tingkat regional Jawa Barat mencapai 20 persen dan di tingkat nasional mencapai tujuh persen.

“Beberapa hari terakhi sebanyak 11.900 transaksi dengan besaran uang Rp 51 miliar. Sementara untuk tahun ini, sudah mencapai angka 14.300 transaksi dengan besaran uang Rp 63 miliar. Sebagai upaya peningkatan pelayanan, kami siapkan semua petugas. Yang tugas siang, kami alihkan ke pagi. Penyediaan uang dan jam buka pelayanan juga kami perhatikan.”

Banyaknya warga yang melakukan transaksi hingga mencapai ratusan orang perhari, membuat antrean panjang setiap harinya, mulai pagi hingga sore hari. Satu per satu warga berdatangan, mengambil nomor antrean lalu mencari tempat duduk, menunggu nomor antreannya dipanggil.

Seperti yang dilakukan Ai Didah (32 tahun) warga Kampung Panumbangan Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang. Ai yang sudah 30 menit mengantre itu membawa serta kedua buah hatinya ke Kantor Pos Cianjur. Ibu muda itu hendak mengambil kiriman Western Union dari kakaknya, Hasanah, yang sudah dua tahun bekerja di Qatar.

“Saya dapat nomor antrean 229, ini baru 60 lebih. Tidak apa-apa menunggu juga, soalnya sekarang enak antre ada tempat duduk. Kalau tahun kemarin sampai harus berdiri. Anak sengaja dibawa, soalnya tidak ada yang jaga. Uang kiriman ini mau dipakai untuk keperluan Lebaran,” jelasnya. (isl)

Comments

comments