Sepekan Sebelum Idul Fitri, Perusahaan Harus Sudah Bayar THR

0
217

CIANJUR, patas.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menekankan perusahaan di Cianjur harus sudah sadar untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) sepekan sebelum Idul Fitri. Untuk memastikan pembayaran tepat waktu, tim monitoring dan evaluasi pun dibentuk untuk menyisir dan mendata seluruh perusahaan di Kota Santri.

Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Cianjur, Heri Suparjo, mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan surat edaran terkait pembayaran THR tepat waktu sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

“Sebenarnya tanpa surat edaran pun harusnya perusahaan sadar dengan sendirinya untuk membayarkan THR sepekan sebelum Hari Raya, sesuai dengan Permenaker,” ujar Heri saat ditemui di kantornya, Senin (12 Juni 2017).

Menurutnya, tim monitoring dan evaluasi dibentuk dengan anggota seluruh pegawai Disnakertrans yang nantinya akan mengkonfirmasi kepada perusaan terkait kesiapannya memberikan THR.

“Mulai besok (13 Juni 2017), tim ini akan mulai bergerak, mendatangi setiap perusahaan di Cianjur. Supaya nanti bisa terlihat kesiapannya sejauh mana.”

Jika ditemukan perusahaan yang belum siap untuk membayarkan THR, ucap Heri, akan ditelusuri dan dilakukan pendalaman, dengan begitu sumber masalahnya bisa ditemukan.

Menurutnya, mayoritas perusahaan di Cianjur yang mencapai 828 perusahaan selalu taat membayarkan THR pada karyawannya. Namun pihaknya mengkhawatirkan salah satu perusahaan tidak mengikuti aturan, apalagi belum lama ini mencuat permasalahan yang mengungkapkan fakta bahwa perusahaan itu tak membayar upah karyawan selama beberapa bulan.

“Kalau yang lain setiap tahunnya normal, tidak ada masalah. Tapi ada perusahaan di daerah Sukaluyu yang kami khawatir tidak terbayarkan THR-nya. Kemungkinan nanti kami akan turun bersama pengawas ketenagakerjaan dari Provinsi untuk melakukan pemeriksaan,” ucapnya. (isl)

Comments

comments