Pipa Perumdam Patah, Distribusi Air ke Wilayah-wilayah Ini Terganggu

0
273

CIANJUR, patas.id – Hujan deras yang mengguyur Cianjur, Selasa (6 Juni 2017) dini hari, tidak hanya mengakibatkan banjir di Cilaku, tapi ternyata juga merusak jaringan utama Perumdam Tirta Mukti Cianjur. Perbaikan diperkirakan baru selesai sore nanti, dan normalisasi baru rampung menjelang Subuh.

Direktur Utama Perumdam Tirta Mukti Cianjur, Budi Karyawan, menuturkan bahwa ganguan jaringan utama tersebut disebabkan bencana longsor di Kampung Cikeutar Desa Cirumput Kecamatan Cugenang.

“Longsor itu mengakibatkan pipa induk transmisi Perumdam patah, yaitu pipa diameter 8 inci dan 6 inci. Tentunya hal tersebut berpengaruh pada pasokan sebagian pelanggan pada hari ini (Selasa, 6 Juni 2017.”

Longsor di jaringan pipa utama Perumdan terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Longsor yang terjadi di bukit dengan lahan pesawahan tersebut membawa pipa ledeng berdiameter 3, 6, dan 8 inci hingga sejauh 12 meter.

“Ini longsor sudah yang 2 kali. Ini kan faktor alam, kami hanya bisa berupaya memperbaiki secepatnya.”

Dia mengungkapkan, patahnya jaringan itu bakal mengakibatkan gangguan pendistribusian air ke wilayah Panembong, Jalan Dr Muwardi, Selakopi, Kelurahan Pamoyanan, Kelurahan Sawahgede, dan wilayah perkotaan lainnya.

Diperkirakan, perbaikan bakal selesai dalam sehari. Kondisi titik longsoran yang jauh dari perkampungan membuat perbaikan membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah perbaikan, butuh normalisasi air supaya distribusi lancar, dan dimungkinkan bakal selesai pada Rabu (7 Juni 2017) dinihari.

“Perbaikan satu hari ini selesaiā€Ž. Kendalanya adalah letak yang jauh dari perkampungan dan di persawahan, jadi kami kesulitan membawa alat-alat. Setelah perbaikan, normalisasi diperkirakan sampai subuh. Tapi akan diupayakan secepatnya, kami akan kerja 24 jam untuk pelayanan yang maksimal,” pungkas Budi. (isl)

Comments

comments