DPD Golkar Cianjur Bantu Kepulangan Jenazah Napiroh

0
263
Cadaver on autopsy table, label tied to toe

CIANJUR, patas.id – Kepulangan Napiroh binti Adang Jayadi (41 tahun), Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kampung Palahlar RT 03/RW 02 Desa Sukamahi Kecamatan Cijati dengan kondisi sudah meninggal d‎unia di Damaskus ternyata adalah juga berkat bantuan DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur.

Setelah mendapatkan informasi kematian Napiroh, DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur langsung mengirim surat pada Kementerian Luar Negeri pada 26 Maret 2017 lalu yang juga langsung ditindaklanjuti dengan kiriman surat ke KBRI di Damaskus pada hari yang sama. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPD Partai Golkar, TB Mulyana Syahrudin.

“Begitu dapat informasi, segera kami koordinasi ke Damaskus dan setiap hari ke KBRI Indonesia di sana. Kami bantu agar jenazah warga Cianjur tersebut bisa dipulangkan.”

Setelah proses komunikasi dengan Kemenlu dan KBRI dilakukan, akhirnya jenazah Napiroh bisa dipulangkan ke Cianjur untuk dikebumikan di kampung halamannya.

“Kami juga sampai antar jenazah ke kampung halamannya. Didampingi petugas dari Kemenlu, KBRI di Suriah. Rabu kemarin (5 April 2017) sudah dimakamkan.”

Napiroh merupakan korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) atau human trafficking yang berangkat dengan prosedur administrasi yang salah tanggal 26 September 2016, pasca moratorium. Korban berangkat ke luar negeri dengan menggunakan pasport umum untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga dari majikan Ibrahim Husen Muhammad Zar’ouni. Napiroh meninggal dunia di Damaskus karena sakit.

Selain Napiroh, Ketua DPD BM Kosgoro Kabupaten Cianjur, Asep Hidayatullah, mengungkapkan, masih ada tiga warga Cianjur yang aka‎n dipulangkan setelah diinformasikan meninggal ketika bekerja di luar negeri.

“Seminggu ini ada sedikitnya empat orang yang dibantu proses pemulangannya. Salah satunya Napiroh. Meskipun mereka dianggap melalui jalur tidak resmi, tapi tetap merupakan warga Cianjur yang harus dipulangkan supaya bisa dimakamkan oleh keluarga,” pungkasnya. (isl)

 

Comments

comments