PNS Cianjur Salurkan Darahnya untuk Peringati HKN

0
169

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur menggelar aksi donor darah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Cianjur di Bale Prayoga, Selasa (22 November 2016). Target dari kegiatan tersebut adalah memenuhi satu per tiga kebutuhan darah selama sebulan.

Kepala UDD PMI Kabupaten Cianjur, Sanny Sanjaya, ‎mengatakan bahwa dalam agenda donor darah khususnya di lingkungan Pemkab Cianjur biasanya mencapai lebih dari 450 labu. Namun kali ini ditargetkan bisa mencapai 520 labu dari awal dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

“Kalau jumlah itu bisa tercapai maka Cianjur bisa memecahkan rekornya sendiri, mengalahkan jumlah donor darah di Hari Kesehatan Nasional pada tahun lalu,” tututnya saat ditemui di Bale Prayoga.

Menurut Sanny, jumlah tersebut telah memenuhi kebutuhan darah di Cianjur sebanyak satu per tiganya. Pasalnya keutuhan darah di Cianjur kini mencapai 1.600 labu per bulan.

“Jumlah kebutuhan selalu meningkat setiap tahun, 2015 lalu mencapai 1.300 sampai 1.500‎ labu dan sekarang di 1.600 labu. Tapi selalu terpenuhi dan jika jumlah sekarang tercapai maka stok akan sangat aman.”

Di luar tambahan stok saat ini, ‎lanjutnya, stok darah di UDD PMI Cianjur juga aman hingga sepekan ke depan, dimana untuk golongan darah A, B, dan O masing-masing sekitar 50 labu dan AB ebanyak 15 labu. “Jumlah itu sudah cukup untuk sepekan ke depan.”

Dani ‎Mardian (27 tahun), salah seorang PNS di lingkungan Setda Kabupaten Cianjur, mengaku sudah lima kali menjadi donor darah. Menurutnya, donor darah memberikan efek yang baik bagi tubuh dimana dirinya merasa lebih segar dan tidak mudah sakit. “Kan ini meregenerasi darah, makanya saya‎ rutin donor darah, tapi masih di enam bulan sekali,” tandasnya. (isl)

Comments

comments