15 Warga Awilarang Keracunan Makanan

0
255

CIANJUR, patas.id – Sebanyak 15 warga Kampung Awilarangan Desa Benjot Kecamatan Cugenang dirawat intensif di RSUD Cianjur, Selasa (15 November 2016) pagi. Belasan warga tersebut diduga mengalami keracunan makanan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kejadian tersebut bermula ketika warga memakan nasi box yang didapat dari acara syukuran seorang warga di kampung tersebut, Minggu (13 November 2016) malam. Nasi beserta lauk pauk berupa daging sapi, telur, dan mie itu dikemas dengan kotak nasi berbahan styrofoam tanpa dilapisi bahan lainnya.

Adin Suhaidin (53 tahun), salah seorang korban mengatakan, sejak Senin pagi dirinya bersama sejumlah warga lain sudah merasakan mual. Namun warga menganggap mual itu sebagai hal biasa sehingga tidak langsung diperiksa.

“Setelah itu baru pada malam dan tadi pagi terasa tambah parah. Yang mual-mual dan pusing juga bertambah banyak,” kata dia saat ditemui di RSUD Cianjur, Selasa (15 November 2016).

Kepala Desa Benjot Ahmad Suherlan mengatakan bahwa total warga yang keracunan mencapai 19 orang, 16 orang dirawat di RSUD dan 3 lainnya dirawat di puskesmas dengan penanganan langsung dari dokter di Puskesmas Cugenang.

“Yang dibawa hanya yang kondisinya parah. Untuk total warga yang hadir dalam syukuran hanya 25, dan 19 yang keracunan.”

Menurutnya, saat ini sampel makanan sudah diserahkan kepada pihak kepolisian. Dinas Kesehatan, lanjut dia, juga sudah dihubungi untuk menguji sampel makanan tersebut. “Diduga dari stryrofoam sebab melihat kejadian di Desa sebelah (Cibeureum) yang juga terjadi kejadian keracunan tahun lalu akibat makanan yang ditempeli zat berbahaya dari styrofoam.”  (isl)‎

Comments

comments