Polres dan Pemkab Bagikan Belasan Ribu Paket Daging

0
197

CIANJUR – Puluhan ekor sapi dan seratus lebih ekor kambing disembelih saat Idul Adha di Mapolres Cianjur dan Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin (12 September) kemarin. Belasan ribu paket daging pun dibagikan kepada warga di Kota Santri.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengatakan, Pemkab Cianjur di tahun ini berkurban sebanyak 25 ekor sapi dan 78 ekor kambing, hasil sumbangan dari warga, pejabat, dan pihak lainnya.

“Alhamdulillah tahun ini semakin banyak hewan kurban yang bisa dibagikan kepada warga Cianjur. Tema yang diusung kali ini pun ‘Cianjur Berkurban untuk kaum Duafa’,” kata Irvan.

Menurutnya, sebanyak 10.000 paket daging kurban dibagikan kepada warga dengan sistem kupon. Dalam pembagiannya pun tidak terlihat kerusuhan ataupun desakan, sebab sistem penjadwalan membuat warga tertib.

“Jadi diberi berdasarkan jadwal, makanya terlihat antrean. Satpol PP pun ditempatkan di pintu masuk untuk mengamankan jalannya pembagian hewan kurban.”

Tidak hanya itu, ribuan tusuk sate gratis juga dibagikan kepada warga yang datang ke pendopo selama proses pemotongan hewan kurban.

Sementara itu, dalam waktu yang bersamaan, Polres Cianjur juga melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi dan 26 ekor domba. Berbeda dengan Pemkab, Polres membagikan daging langsung kepada RT, tanpa menggunakan kupon.

“Kami berikan ke setiap RT untuk dikelola sendiri, jadi tidak ada antrean pembagian di mapolres,” ujar Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu.

Asep berharap, para anggotanya bisa memaknai secara dalam apa itu kurban, di antaranya ialah menanamkan keikhlasan, penyucian, dan berbagi. “Perlu kerja keras untuk menerapkan semua nilai atau makna tersebut, tapi kami yakin bisa untuk Polres Cianjur yang lebih baik lagi,” tandasnya. (isl)

Comments

comments