Jika Terpilih, Caleg Golkar Dilarang Nambah Istri

0
115

PURWAKARTA, patas.id – DPD Partai Golkar Jawa Barat membuat syarat untuk calon legislator pads Pemilu Legislatif 2019. Jika terpilih menjadi anggota legislatif, mereka dilarang menikah kembali.

“Jika terpilih sebagai anggota legislatif, mereka dilarang menikah lagi,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Dedi Mulyadi kepada wartawan di Hotel Kota Bukit Indah Plaza Purwakarta, Rabu (21 Februari 2018) malam.

Menurut Dedi, aturan ini berlaku bagi caleg semua tingkatan, mulai dari DPRD kabupaten/kota, provinsi, hingga DPR RI. Sanksi tegas berupa pergantian antar-waktu diberlakukan bagi yang melanggar.

“Kalau mau menikah lagi ya boleh, asal istrinya sudah meninggal dunia atau menghilang, kabur,” jelas Dedi.

Syarat lainnya, Dedi menambahkan, setiap caleg dari Jabar harus menguasai bahasa di dapilnya. Hal ini bertujuan menjalin komunikasi dengan lingkungan sekitar jika tengah menemui masyarakat.

“Ini soal memahami keinginan masyarakat. Kalau tidak bisa menggunakan bahasa mereka, bagaimana kita bisa paham?” kata Dedi.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar, Tb Ace Hasan Syadzily, merespons positif gagasan dari DPD Partai Golkar Jabar tersebut. Namun, menurut dia, aturan itu belum tentu berlaku di wilayah lain.

“Memang soal tidak boleh menikah lagi tidak ada aturannya. Tetapi kalau Pak Dedi Mulyadi di Jabar punya inovasi seperti itu, tentu semua harus setuju. Mungkin tujuannya menjaga harmonisasi keluarga dan setiap kader partai harus mematuhi,” kata Ace Hasan. (daz/*)

Comments

comments