Empat Pasangan Siap Bertarung di Pilgub Jabar 2018

0
253

BANDUNG, patas.id – Berapa pasangan calon yang akan bertarung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018, terjawab sudah. Ada 4 pasangan calon yang akan maju pada pilkada serentak 2018 nanti, yang pendaftaran dibuka mulai Senin (8 Januari 2018) hingga Rabu (10 Januari 2018) nanti.

Dua pasangan resmi diumumkan Minggu (7 Januari 2018) ini, dan akan berlaga pada pilkada serentak nanti. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang sudah dideklarasikan menjadi calon gubernur (cagub) oleh Partai NasDem sejak Agustus 2016 silam, akhirnya resmi mendapatkan pendamping.

Empat partai pengusung Emil, yakni NasDem, PPP, PKB, dan Hanura sepakat mengusung Bupati Tasikmalaya yang juga Wakil Ketua DPW PPP Jabar Uu Ruzhanul Ulum sebagai calon wakil gubernur (cawagub), setelah menggelar pertemuan di Jakarta, Sabtu (6 Januari 2018) malam. Pasangan Emil-Uu ini total mengoleksi 24 kursi DPRD Jabar, sumbangan dari NasDem 5 kursi, PPP 9 kursi, PKB 7 kursi, dan Hanura 3 kursi.

Pasangan calon terakhir, yakni dari PDIP yang tidak diduga-duga sebelumnya. PDIP yang maju sendirian karena memiliki 20 kursi DPRD Jabar, mencalonkan Ketua DPD PDIP Jabar Tb Hasanuddin berpasangan dengan mantan Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan.

Keputusan tersebut diambil setelah Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bertemu secara empat mata dengan Tb Hasanuddin di kediamannya di kawasan Teuku Umar, Jakarta, Sabtu (6 Januari 2017). Secara resmi, Mega pun mengumumkan pengusungan Tb Hasanuddin-Anton di Kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7 Januari 2017) pagi.

Pasangan calon yang paling pertama resmi dideklarasikan yakni usungan Partai Gerindra, PKS, dan PAN. Koalisi reuni di Pilgub DKI Jakarta tersebut, mengusung pasangan Mayjen TNI (Purn) Sudrajat dan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu. Tiga parpol ini total mengoleksi 26 kursi DPRD, dari Gerindra 11 kursi, PKS 12 kursi, dan PAN 4.

Pasangan Sudrajat-Syaikhu diumumkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Sohibul Iman di kediaman Prabowo di kawasan Hambalang Bogor, Rabu (27 Desember 2017) lalu.

Satu pasangan terakhir yang akan berlaga pada pilgub nanti, yakni Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Duo DM ini diusung Koalisi Partai Demokrat-Golkar yang mengoleksi 29 kursi, dari sumbangan Demokrat 12 kursi dan Golkar 17 kursi. Namun secara resmi, pasangan Duo DM ini belum diumumkan atau dideklarasikan.

Rencananya acara deklarasi akan digelar di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Selasa (9 Januari 2018) pagi, yang dilanjutkan dengan pendaftaran ke KPU Jabar, Jalan Garut, pada siang harinya. (daz/*)

Comments

comments