Puting Beliung Memporakporandakan Parigi Pangandaran

0
287

PATAS.ID, Pangandaran – Belum lagi usai nestapa banjir Bandang yang menghantam Kabupaten Pangandaran beberapa hari lalu, musibah baru datang. Pada Rabu (12 Oktober) sekitar pukul 14.00 WIB, angin puting beliung memporakporandakan Kecamatan Parigi dan menewaskan satu orang.

Menurut para saksi mata, angin puting beliung datang menyusul hujan deras disertai petir yang mengguyur Kecamatan Parigi sepanjang siang. Pusaran angin kencang merobohkan sejumlah lapak di Pasar Parigi, menerbangkan atap-atap rumah, menghempaskan sejumlah kendaraan bermotor, serta menimbulkan kepanikan.

Ade Aju, salah seorang warga Desa Karangjaladri, ditemukan meninggal dunia setelah tersambar petir yang datang bersamaan dengan hujan dan angin puting beliung. Korban meninggal saat sedang menelpon dan jatuh tersambar petir kemudian terpental ke kolam. Warga beramai-ramai mengangkat tubuh Ade.

Kabar mengenai puting beliung tersebut langsung mewarnai media sosial. Polisi dan para relawan sigap turun tangan. Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata pun langsung meninjau lokasi yang terkena dampak bencana angin puting beliung dan menyampaikan rasa simpati serta duka cita.

“Saya harapkan kepada BPBD dan pihak terkait, untuk segera melakukan langkah langkah tanggap bencana untuk meringankan beban warga terdampak.”

Berdasar data yang dikeluarkan Kapolsek Parigi, tercatat ada 4 lokasi yang terkena dampak langsung angin puting beliung, yakni: Dusun Astamaya, Dusun Buniayu,serta Dusun Bojongsalawe di Desa Karang Jaladri, serta Dusun Purwasari di Desa Parigi.

Hingga berita ini dibuat, Tim SAR, relawan, serta aparat terkait masih mendata jumlah kerugian baik moril maupun materil serta menjajaki kemungkinan adanya korban tambahan.

puting-beliung-di-pangandaran puting-beliung-di-pangandaran-3 puting-beliung-di-pangandaran-2 puting-beliung-di-pangandaran-4

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini atas potensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia. Berdasar informasi yang dikutip dari situs resmi BMKG, wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang pada Rabu hari ini antara lain: Banda Aceh, Tasikmalaya, Ciamis, Parigi, serta Sukabumi. (cho)

Comments

comments