Banjir Longsor Putus Akses Jalan Banjar-Pangandaran

0
255

PATAS.ID, Cianjur – Hujan yang turun selama 2 hari berturut-turut menyebabkan longsor dan banjir di di tujuh kecamatan di Kabupaten Pangandaran, Minggu (9 Oktober). Akibat longsor dan banjir tersebut, beberapa jembatan roboh dan akses jalan dari Banjar menuju Pangandaran pun terputus.

Tujuh kecamatan yang terkena banjir dan longsor tersebut adalah Cijulang, Parigi, Sidamulih, Pangandaran, Kalipucang, Padaherang, dan Mangunjaya. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhsena, menyebutkan bahwa total 2.000 rumah terkena banjir.

“Hari ini (10 Oktober), air sudah mulai surut. Ketinggian sebelumnya mencapai 1,6 meter. Air yang naik justru di Kecamatan Mangunjaya, sekarang sekitar satu meter.”

Sungai-sungai di ketujuh kecamatan rupanya tak sanggup menampung volume air. Akibatnya terjadi luapan yang kemudian menggenangi rumah warga. Sungai-sungai yang meluap tersebut antara lain: Sungai Cimeong, Sungai Jogjogan, Sungai Ciroyom Sungai Ciputara Haji, Sungai Cicaruy, Sungai Pangasinan, dan Sungai Tunggilis.

Ambruknya Jembatan Katapang, foto Iput Riani.
Ambruknya Jembatan Katapang, foto Iput Riani.

Salah satu jembatan yang ambruk parah adalah Jembatan Katapang yang terletak di Blok Katapang, Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar. Jembatan sepanjang kurang lebih 16 meter yang bermuara ke Sungai Citanduy ini terletak ini tidak jauh dari wilayah perbatasan Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Kepala BPBD Jawa Barat, Heriyadi, mengatakan bahwa lebar jembatan yang putus sekitar 10 meter. “Putus total, jalur dialihkan ke pusat kota,” tegas Heriyadi seraya menambahkan bahwa  sungai di bawah Jembatan Katapang adalah sungai kecil dengan gorong-gorong buatan zaman dulu.

“Masalahnya sampah yang menyumbat gorong-gorong.”

Akibat sumbatan sampah, air menghantam bagian atas gorong-gorong dan mengikis jembatan. Kini jembatan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat, jalur menuju Jawa Tengah dialihkan melalui pusat Kota Banjar. (cho)

Comments

comments