Ruang Kelas Rusak, Siswa SDN Padamaju Manfaatkan Perpustakaan

0
13

CIANJUR, patas.id – Pada event Pakansi Kebun Baca Sarerea 2020 yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, (7-8 Maret 2020) lalu, terselip cerita sendu. Di saat anak-anak di Kampung Pangadegan Hilir, Desa Pangadegan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, bersuka cita merayakan budaya baca dan literasi, tak jauh dari sana, tepatnya di SDN Padamaju, Desa Padamaju, Kecamatan Pagelaran, sebuah perpustakaan yang harusnya menjadi ruang penunjang literasi terpaksa dialihfungsikan menjadi ruang kelas.

Menurut Plt Kepala SDN Padamaju, Suhendi (48 tahun), pengalihfungsian ruang perpustakaan sudah terjadi sejak 2014 lalu, saat ruang kelas mengalami kerusakan sehingga tak layak dijadikan ruang belajar-mengajar.

“Anak-anak kelas 2 dan 3 tak mungkin belajar di ruangan karena kondisinya rusak parah. Mereka terpaksa bergantian menggunakan ruang perpustakaan sebagai ruang belajar,” ungkap Suhendi kepada patas.id, Minggu (8 Maret 2020).

Menurut Suhendi, buku-buku di ruang perpustakaan pun terpaksa dipindahkan dan diamankan untuk sementara karena tak ada ruang penyimpanan yang memadai. Sebagai kepala sekolah yang sadar akan pentingnya menumbuhkan budaya baca sejak dini, Suhendi mengaku prihatin.

SDN Padamaju sekarang hanya tinggal memiliki 3 unit ruang kelas yang dipakai secara bergiliran. Fasilitas lainnya seperti WC dan lapangan olahraga pun tak ada.

“Saya berharap ada bantuan rehabilitasi untuk ruang kelas serta penambahan sarana sanitasi serta olahraga,” harap Suhendi mengakhiri wawancara.

Suhendi berharap ada bantuan untuk pembangunan ruang belajar yang rusak agar bisa mengembalikan fungsi peepustakaan sebagai ruang literasi. “Ya, inginnya ruang perpustakaan kembali ke fungsinya semula” tutur dia. (edj)

Comments

comments