Apresiasi Komisi IV Terhadap Proses Seleksi Kepala Sekolah

0
257

CIANJUR, patas.id – Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur‎ mengapresiasi pelaksanaan seleksi kepala SMP di Kabupaten Cianjur. Keterbukaan dianggap membuat upaya kecurangan dan sisi negatif pelaksanaan seleksi bisa diminimalisir.

Wakil ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur, Sapturo, mengatakan bahwa adanya keterbukaan dalam seleksi menjadi catatan baik untuk seleksi-seleksi pejabat selanjutnya, sebab bisa memberikan dampak baik bagi Cianjur.

“Sisi negatif seperti transaksi uang untuk jabatan, titipan, dan lainnya jadi tersingkirkan. Yang ada benar-benar mengandalkan kualitas untuk bisa mendapatkan posisi atau jabatan tertentu. Ini merupakan lankah yang positif.”

Menurutnya, sebelum adanya pelaksanan seperti yang saat ini, penyelenggaraan seringkali tertutup. Bahkan rentan terjadi transaksi dalam penempatan pejabatnya. Tapi sekarang dibandingkan pejabat di dinas, kepala sekolah terpilih sudah tahu duluan dimana mereka bertugas nantinya.

“Untuk penempatan pun sekarang kan diundi secara terbuka sebelum pelantikan. Jadi kalau dulu pejabat di BKPPD yang tahu duluan, kini mereka (kepala sekolah, rd) yang terlebih dulu tahu dimana mereka bertugas, jadinya tidak ada permainan.”

Sapturo mengharapkan, setelah para kepala sekolah terpilih mendapatkan tugas yang baru, ada perbaikan kualitas pendidikan di Cianjur. “Mudah-mudahan ada greget dari mereka sendiri untuk memajukan sekolahnya,” kata dia. (isl)

Comments

comments