Wabup: Yang Sekarang Harus Diwaspadai Itu Siswa SMP

0
241

CIANJUR, patas.id – Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman mengaku tengah melakukan pengawasan secara intensif terhadap siswa SMP. Hal itu dilakukan lantaran perilaku siswa SMP dinilai mengarah ke kegiatan negatif, seperti tawuran.

Menurutnya, intensitas tawuran dari kalangan pelajar SMA/SMK sederajat sudah jauh menurun, namun dalam beberapa waktu, tampak banyak dari siswa SMP yang bergerombol dan hampir melakukan tawuran.

“Yang sekarang harus diwaspadai itu siswa SMP. Melihat kondisi saat ini, mereka rawan terlibat tawuran, kalau siswa SMA/SMK sudah terselesaikan dan bisa diredam.”

Menurut Herman, perilaku menyimpang terutama aksi tawuran oleh siswa SMP disebabkan banyak hal, mulai dari pergaulan, mencontoh kakak kelasnya di SMA/SMK, atau lainnya. “Makanya harus diantisipasi sejak dini. Jangan sampai mereka kebablasan dan melakukan kesalahan serupa seperti di tingkat SMA/SMK, apalagi kalau sampai timbul korban jiwa,” tuturnya.

Herman mengatakan, untuk mengantisipasi aksi tawuran di tingkat SMP, bakal ada MoU anti tawuran juga di kalangan SMP. Namun pihaknya tengah merancang isi perjanjian atau kesepakatan tersebut agar bisa diterima oleh seluruhnya dan benar-benar menekan kenakalan pelajar di tingkat SMP.

“SMP ini ada di bawah kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, jadi kewenangan sepenuhnya dipegang oleh daerah. Kami tak ingin generasi pelajar di Cianjur rusak oleh perilaku tawuran,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments