9.122 Guru Honorer Akan Diberi SK

0
390

CIANJUR, patas.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur mengklaim telah menyelesaikan proses pengajuan pembuatan surat keputusan bagi guru honorer di Cianjur. Tidak hanya sebagai pengakuan, SK tersebut bakal jadi dasar penerimaan dana insentif dari Pemkab Cianjur.

Kepala Disdikbud Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi, mengatakan dari setidaknya 9.122 tenaga guru honorer di Kabupaten Cianjur, sejumlah 3.165 guru di antaranya merupakan honorer kategori 2.

“Di Cianjur ini masih kekurangan guru dan tenaga kependidikan PNS. Makanya ditunjang atau dibantu oleh sukarelawan. Jumlahnya mencapai 9.122 orang.”

Menurutnya, para tenaga honorer tersebut kini harus dibuatkan SK, salah satunya diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 8/2017 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2017.

Selain itu, lanjutnya, SK juga menjadi landasan penerimaan insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang totalnya sekitar Rp 7 miliar. Hal itupun diberikan sesuai janji Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, guna menyejahterakan guru honorer di Kota Santri.

“Kalau punya SK, baru bisa dapat insentif. Angkanya sekitar Rp 7 miliar. Tapi sekarang masih tahap penggodokan regulasi supaya penyerahan ini tidak menyalahi aturan.”

Agar SK bisa dikeluarkan, Disdikbud Kabupaten Cianjur bakal mendata dan mengajukan nama-nama kepada Pemprov Jawa Barat melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan. Setelah itu, diajukan ke Kementerian. “Nanti di sana dilihat berdasarkan persyaratan. Prosesnya berapa lama kami belum tahu. Itu tergantung di Pusat. Tapi kami sudah selesai verifikasi dan segera menyerahkan datanya ke Pemprov Jabar,” tuturnya.

Cecep menambahkan, selain menjadi dasar penerimaan insentif, SK juga menjadi kebanggan bagi guru honorer sebab keberadaannya diakui oleh Kementerian. “Ya, ini jadi kebanggaan, mereka bisa diakui dan menjadi penerima resmi insentif. Makanya kami juga segerakan pengusulan SK mereka,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments