Unjuk Rasa Galian Ganggu Kegiatan Belajar Mengajar

0
264

CIANJUR, patas.id – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan Ujian Tengah Semester (UTS) di SDN Pasirmunding 2 terhenti lantaran adanya aksi unjuk rasa di Kantor Desa Sukamaju Kecamatan Cibeber yang berada di samping sekolah tersebut.

Seperti nampak dalam foto, beberapa siswa SD terlihat berdiri di balik pagar sekolah menyaksikan massa yang menyuarakan penutupan aktivitas galian C di Desa Sukamaju. Dengan wajah lugu, mereka melihat aksi terseut.

Meri Kusmayanti, ‎guru kelas IV SDN Pasirmunding 2, mengatakan bahwa adanya aksi memang dinilai mengganggu aktivitas belajar. Apalagi bagi siswa kelas IV yang sedang mengikuti ujian tengah semester.

“Ada sebagian yang masih UTS, tapi terpaksa selesai sebelum waktunya. Belum beres juga dikumpulkan, soalnya konsentrasi mereka buyar oleh aksi.”

Selain itu, lanjut dia, siswa yang sedang mengikuti pembelajaran juga berhamburan keluar untuk melihat aksi. Akibatnya belajar menjadi terhenti sebelum waktunya.

“Istirahat kan harusnya pukul 10.00 WIB, tapi pukul 09.00 WIB sudah keluar. Mau disuruh masuk lagi juga susah. Kan anak itu rasa penasarannya tinggi, jadi walau tidak mengerti tetap ingin melihat.”

Meskipun mengaku setuju adanya penutupan galian C, Meri menyayangkan aksi sampai mengganggu aktivitas belajar. Padahal jika berkoordinasi terlebih dulu, aksi bisa digelar di hari lain di saat jam belajar tidak padat. “Kalau ditutup ya setuju, soalnya membahayakan. Tapi jangan juga mengganggu belajar, kasihan anak-anak ujiannya jadi terganggu,” tuturnya. (isl)

Comments

comments