Berapa Batasan Usia Untuk Mendaftar Jadi Kepsek di Cianjur?

0
628

CIANJUR, patas.id – Panitia Seleksi Kepala SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur menetapkan batasan usia maksimal peserta seleksi lelang jabatan kepala sekolah, yakni 56 tahun.

Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel) Calon Kepala SD dan SMP, Tohari Sastra mengatakan, batas usia tersebut terdapat dalam Surat Keputusan Bupati Cianjur Nomor 800.05/Kep.39-BKPPD/2017 tentang Pembentukan Pansel Kepala Satuan Pendidikan dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas/ Badan Lingkungan Pemkab Cianjur.

“Jadi, calon pengisi jabatan yang umurnya melebihi 56 tahun tidak bisa mengikuti seleksi.”

Namun saat diwawancara Rabu (15 Maret 2017), Tohari menjelaskan bahwa batas usia tersebut hanya berlaku bagi pejabat atau guru yang hendak mendaftar, sementara kepala sekolah yang berusia di atas usia 56 tahun masih bisa mendaftarkan diri. “Kalau guru atau pejabat di bawah kepala sekolah mau daftar, batasnya 56 tahun. Tapi mereka yang sudah jadi kepala sekolah di atas usia 56 tahun, masih bisa daftar,” kata dia.

Menurut Tohari, ada 21 kepala SMP yang sudah mendekati masa pensiun atau di atas 56 tahun. Mereka nantinya akan bersaing dalam seleksi. “Jadi kami akan objektif, ketika yang berkualitas maka akan dipilih, ketika yang usianya sudah senior namun kulitasnya di bawah guru yang mendaftar maka akan digantikan,” kata dia.

Dengan adanya seleksi dan rotasi tersebut, Tohari berharap kualitas pendidikan dan SDM bisa meningkat. “Dinolkannya pejabat kepala SMP ini supaya kualitas pendidikannya lebih baik,” ucapnya. (isl)

Comments

comments