Asyik! Cianjur Akan Punya Bus Sekolah Gratis!

0
313

CIANJUR, patas.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur tahun ini mengajukan 20 bus yang akan dijadikan tranportai gratis bagi pelajar di Kota Santri. Tidak hanya bus sekolah, ke depan rencannya akan dibuat bus khusus untuk wilayah perkotaan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali. ‎Menurutnya, saat ini Cianjur belum memiliki transportasi khusus bagi pelajar. Hal itu pun dilakukan untuk menekan jumlah pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor. Pasalnya mayoritas pelajar belum layak menggunakan kendaraan sebab masih di bawah 17 tahun dan tak memiliki SIM.

“Kami ingin fasilitas bagi para pelajar supaya memiliki transportasi yang aman dan nyaman, sehingga jumlah pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor pun bisa ditekan,” papar  Djoni. Menurutnya, Dishub sudah mengajukan 20 unit bus ukuran tiga perempat ke Provinsi Jawa Barat. Namun terkait berapa unit dan kapan direalisasikan, pihaknya belum bisa memastikan.

“Kalau diajukan sudah, di awal Januari 2017. Tapi tidak tahu realiasinya kapan. Sedangkan bus yang dipilih yang ukurannya tiga perempat, disesuaikan dengan lebar jalan di Cianjur.”

Di samping bus sekolah, Dishub juga berencana untuk mengadakan transport‎asi khusus di wilayah perkotaan, dengan begitu, diharapkan kepadatan arus kendaraan bisa ditekan. “Saat ini wilayah kota padat oleh kendaraan pribadi dan angkum (angkutan umum). Kami akan sediakan kendaraan khusus di perkotaan, supaya kepadatan dapat berkurang, seperti halnya di Bandung,” kata dia.

Menurutnya, bus sekolah dan bus dalam kota akan disediakan secara gratis, sehingga akan menarik warga agar mau mengunakan transportasi umum. Pemkab pun bakal menyediakan anggaran untuk operasionalnya.

“Sudah konsekuensinya, ketika digratiskan maka ada anggaran yang disiapkan. Tapi saya rasa tidak akan besar biaya operasionalnya. Terpenting menjadi fasilitas publik yang nyaman dan aman, serta menarik minat warga menggunakan transportasi umum,” tandasnya. (isl)

Comments

comments