Cianjur Akan Sediakan 2 Bus Sekolah Keliling

0
477

CIANJUR, patas.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur menyediakan dua unit bus keliling untuk memfasilitasi warga yang jauh dari sarana pendidikan. Selain itu, bus tersebut disediakan untuk meningkatkan kesadaran warga terutama yang status pendidikannya rendah dan telah lanjut usia untuk kembali mengenyam pendidikan formal.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi. Menurutnya, tahun ini Pemkab Cianjur bakal menambah satu unit bus keliling untuk menjangkau wilayah yang akses pendidikannya cukup jauh.

“Tahun lalu sudah ada satu unit, sekarang kami akan tambah satu lagi. Jadi ada dua bus yang berkeliling ke sejumlah titik.”

Menurutnya, bus tersebut akan berfungsi selayaknya Pusat Kegiatan belajar Masyarakat (PKBM), dimana mereka yang putus sekolah bisa melanjutkan pendidikan kesetaraan. “Makanya secara teknis juga nantinya bekerja sama dengan PKB yang terdekat, setelah bus tersebut ada,” kata dia.

Cecep mengatakan, disediakannya bus keliling tersebut untuk meningkatkan Rata-rata lama sekolah (RLS) Cianjur yang masih di angka 6,82 tahun. Rendahnya RLS tidak hanya diakibatkan warga putus sekolah selama beberapa tahun terakhir, namun juga warga lanjut usia yang dulu hanya mengeyam pendidikan setingkat SD.

“Kami akan sadarkan lagi pentingnya pendidikan yang lebih tinggi, melalui sosialisasi dan mobil keliling tersebut. Kami genjot peningkatan RLS sampai 8 tahun.”

Dia menambahkan, ke depan pihaknya akan menambah bus keliling tersebut supaya jangkauanya lebih jauh. “Jadwal dari dua bus ini masih dalam penggodogan, tapi tentu jika berhasil ke depan akan diperbanyak lagi. Kami ingin mendekatkan sarana pendidikan kepada rakyat Cianjur,” tuturnya. (isl)

Comments

comments