Target Kelulusan Siswa di Cianjur Harus 100 Persen

0
249

CIANJUR, patas.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur menargetkan kualitas pendidikan di Kabupaten Cianjur terus meningkat. Salah satunya dengan kelulusan SD, SMP, dan SMA/SMK sebanyak 100 persen dan rata-rata lama sekolah (RLS) mencapai 8 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi, mengatakan, selama beberapa tahun terakhir Cianjur berhasil membuat seluruh siswa yang mengikuti ujian nasional di seluruh tingkatan untuk lulus.

“Makanya di tahun ini kami targetkan untuk tetap lulus 100 persen, baik itu SD, SMP, atau SMA/SMK. Caranya dengan mendorong setiap sekolah mempersiapkan kemampuan siswa sedini mungkin,” kata dia.

Selain itu, lanjut Cecep, Cianjur masih memiliki capaian yang kurang baik dimana RLS hanya 6,82 tahun atau setara dengan kelas 1 SMP. Dalam setahun ini, menurut Cecep, pihaknya akan mengejar peningkatan RLS hingga ke angka 8 tahun.

“Minimal bisa naik 1,2 tahun. Kami optimis bisa, dengan struktur yang baru dan kinerja dari pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang baik. Apalagi Bupati (Irvan Rivano Muchtar) pun ingin kerja cepat, dan kami akan lakukan,” kata dia.

Dia menambahkan, adanya penarikan pengelolaan SMA/SMK ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal meringankan beban dan kinerja. Pasalnya Dinas Pendidikan akan lebih fokus pada peningkatan kualitas SD dan SMP.

“Kami bisa memaksimalkan anggaran yang ada. Fokus peningkatan juga lebih ringan, ‚Äémeskipun tanggung jawab untuk SMA/SMK masih ada, tidak sepenuhnya lepas,” tuturnya.

Cecep mengungkapkan, pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Cianjur, sebab MI dan MTs berada di bawah kewenangan instansi vertikal tersebut.

“Pendidikan di MI dan MTs juga harus diperhatikan, sebab mereka juga menentukan capaian RLS. Makanya koordinasi akan ditingkatkan,” tandasnya.(isl)

Comments

comments