Seru! Saksikan Kompetisi Futsal Antar Sekolah di GGM!

0
419

CIANJUR, patas.id – Asosiasi Futsal Kabupaten (Afkab) Cianjur kembali menggelar kompetisi futsal di 2017 ini. Setelah sebelumnya sukses dengan kompetisi antar klub, kini Afkab menggelar kompetisi futsal antar pelajar di Gedung Gelora Muda (GGM). Pembukaan kompetisi pada Minggu (12 Maret 2017) dipimpin langsung oleh Ketua KONI Kabupaten Cianjur, Durosid,

Sekretaris Afkab Kabupaten Cianjur, Eka Merdeka, mengatakan ‚Äékompetisi antar pelajar tersebut merupakan upaya mencari bibit atlet futsal di Cianjur. “Jika kompetisi antar klub mencari atlet untuk Porda, maka kompetisi antar pelajar ini merupakan cara mencari bibit yang dibina agar nantinya regenerasi atlet bisa terus ada,” ucapnya di sela kompetisi.

Agenda tersebut juga merupakan program kerja dari kongres di Provinsi. Menurut Eka, juara kompetisi antar pelajar ini nantinya akan mewakili Cianjur di tingkat provinsi.

“Ketentuan kongres Afkab Tingkat Provinsi seperti itu, juara akan tampil di kompetisi antar pelajar se-Provinsi Jawa Barat.”

Kompetisi yang diikuti oleh 16 sekolah itu akan berlangsung selama enam hari, sejak 12 maret sampai 16 Maret 2017. Sistem yang digunakan ialah setengah kompetisi, yakni disaring di grup, kemudian juara grup dan runner up akan masuk ke delapan besar dengan sistem gugur. “Sehari ada lebih kurang 8 sampai 10 pertandingan,” tuturnya.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Cianjur, Durosid, menuturkan, ‚Äékompetisi tersebut menjadi warna tersendiri di cabang olahraga futsal. Afkab, lanjutnya, merupakan organisasi olahraga yang baru tapi turnamennya sudah sering berjalan.

“Terlihat dengan munculnya Afkab semakin banyak lagi yang berlatih futsal. Jadi hidup kembali futsal di Cianjur. Antusiasnya dalam kompetisi pun sudah bagus.”

Durosid berharap dengan digelarnya berbagai kompetisi akan bermunculan atlet-atlet futsal dan regenerasi yang berkelanjutan agar bisa mengharumkan nama daerah. “Di Cianjur sekarang sudah muncul prestasi dari cabor futsal. Diharapkan ke depan semakin banyak lagi prestasi yang diraih,” tandasnya.

Untuk hasil pertandingan di hari pertama, SMAN Tanggeung berhasil menggasak SMAN 1 Cibeber dengan skor telak 3-1. Hasil tersebut dinilai sebagai pembuktian bahwa bibit atlet futsal di Cianjur selatan tak kalah dengan tim di wilayah perkotaan, demikian dikatakan pelatih futsal SMAN Tanggeung, Yudi Rahayu.

“Pertama, kami ingin mencari pengalaman, tapi alhamdulillah di pertandingan pertama ini bisa menang dengan skor telak.”

Menurut Yudi, selama kompetisi, siswa akan menginap di Cianjur, sebab jika memaksakan pulang-pergi Tanggeung ke Cianjur, pemain tidak akan fit. “Izin beberapa hari di Cianjur, yang terpenting ketika pulang bisa meraih prestasi. Tapi kami optimis bisa juara, sebab pada 2012 dan 2013 kami juga sempat jadi juara pertama dan kedua di O2SN,” tuturnya. (isl)

Comments

comments