Bangun Stadion Baru, Chelsea Ngungsi Dulu Ke Wembley

0
372


LONDON, patas.id – Niat Chelsea untuk membangun stadion baru berkapasitas 60.000 tempat duduk akhirnya terlaksana setelah Walikota London menyetujui usul pembangunan tersebut, Selasa (7 Maret 2017).

The Blues akan membangun stadion barunya tersebut di atas Stamford Bridge dengan meningkatkan kapasitas duduk dari yang semula hanya 18.400 menjadi 60.000. Rancangan stadion baru tersebut dibuat oleh Jacques Herzog and Pierre de Meuron, duo arsitek asal Swiss yang pernah membangun Allianz Arena (kandang Bayern Munich) serta Stadion Bird’s Nest yang dipakai saat Olimpiade Beijing 2008.

Sebelumnya pada bulan Januari, Chelsea sudah mendapatkan ijin pembangunan dari Dewan Kota Fulham dan Hammersmith. Namun untuk memulai pembangunan, ijin Walikota London, Sadiq Khan, harus didapatkan terlebih dahulu. Sekarang, hal ini telah menjadi kenyataan.

“Setelah mempelajari permohonan secara berimbang, aku puas karena rancangan berkualitas dan spektakuler yang ditawarkan ini memang bisa menambah kapasitas duduk yang sudah ada, juga mudah diakses oleh para suporter dari berbagai arah. Aku yakin stadion baru ini akan menjadi permata London yang akan menarik wisatawan dan penggemar bola di seluruh dunia.”

Pembangunan stadion yang megah ini diperkirakan memakan waktu tiga tahun. Stadion Stamford Bridge yang baru rencananya akan siap dipakai pada musim 2021-2022. Untuk keperluan pertandingan, Chelsea diijinkan memakai Stadion Wembley sebagai kandang sementara.

Selain Chelsea, klub sesama kota London, Totenham Hotspur, juga akan mengungsi ke Wembley musim depan sambil menunggu pembangunan White Heart Lane yang berkapasitas 61.000 selesai. (cho)

Comments

comments