Golkar Ingin Kembalikan Cianjur sebagai Lumbung Pangan

0
16

CIANJUR, patas.id – Suryana, Ketua Gapoktan di Desa Sinar Laut, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, mengeluhkan minimnya alat dan mesin pertanian. Dia mengharapkan bantuan pemerintah untuk penambahan alat dan mesin pertanian bagi 15 kelompok tani yang ada agar produktifitas pertanian dapat lebih meningkat.

“Alat dan mesin pertanian yang tersedia bagi 15 poktan di Desa Sinar Laut sangat minim. Kami memohon perhatian pemerintah agar pertanian di sini bisa lebih maju”, ujar Suryana, Selasa (24 Desember 2019).

Sementara itu, Agus, warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Agrabinta, meminta bantuan perahu untuk keperluan budi daya lobster.

“Kami berharap ada bantuan perahu dan dukungan bagi usaha budi daya lobster bagi nelayan di wilayah pantai Cianjur Selatan”, kata Agus.

Budhy Setiawan, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, pun merespon keinginan ini dengan berjanji akan mengupayakan hadirnya perahu dan penambahan alat dan mesin pertanian bagi warga di Desa Sinar Laut dan Tanjungsari.

Selain menjanjikan bantuan alat dan mesin pertanian dan perahu, Budhy pun menyinggung soal potensi ikan tuna kualitas terbaik yang berada di perairan Cianjur. Menurut Budhy, perlu ada kapal yang lebih besar dan pembinaan nelayan sehingga mampu mengoptimalkan potensi tersebut.

“Partai Golkar ingin mengembalikan Cianjur sebagai lumbung pangan, bukan hanya lumbung beras, yakni melalui sektor pertanian dan perikanan”, tandas Budhy.

Budhy menyambangi warga Desa Sinar Laut memanfaatkan masa reses I DPR RI yang berlangsung 18 Desember 2019 hingga 10 Januari 2020. Masa reses ini diisi dengan mengunjungi tiga kecamatan di Cianjur Selatan, yakni Kecamatan Agrabinta, Sindangbarang, dan Cidaun.

“Tujuan saya hadir di sini untuk menyerap aspirasi masyarakat sehingga mendapat masukan dalam membuat kebijakan secara tepat,” ujar Budhy.

Budhy menjelaskan, melalui kegiatan reses dan turun ke dapil, anggota DPR RI dapat lebih tajam melihat permasalahan karena masyarakat-lah yang lebih mengenali masalah di daerahnya masing-masing. “Anggota Dewan harus sering turun ke masyarakat, karena masyarakat-lah yang lebih tahu masalah,” tukas Budhy.

Keberadaan Budhy di Komisi IV DPR RI yang membidangi isu pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan, serta lingkungan hidup pun mendapat sambutan dan antusiasme masyarakat. Hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat Cianjur Selatan berprofesi sebagai petani dan nelayan. (daz)

Comments

comments