Lima Calon Jamaah Gagal Berangkat

0
62

CIANJUR, patas.id – Sebanyak lima calon jamaah haji dipastikan tidak jadi berangkat untuk melaksanakan ibadah haji di tahun ini. Selain dikarenakan sakit parah dan ada halangan, dua calon jamaah haji meninggal dunia beberapa pekan sebelum keberangkatan.

Staf Pemberangkatan Haji dan Umroh Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Mamat Slamet, mengatakan, dijadwalkan calon jamaah di kloter 27 akan diberangkatkan dari Cianjur pada selasa (24 Juli 2018) tengah malam, sekitar pukul 24.00 WIB. Dari ratusan jamaah yang berangkat, seorang calon jamaah asal Kecamatan Karangtengah tidak jadi berangkat karena ada halangan tertentu.

“Sudah melakukan laporan, ada sesuatu hal yang membuat dia tidak bisa berangkat, sehingga digantikan oleh jamaah dari kloter lain,” kata dia, Selasa (24 Juli 2018).

Selain di kloter 27, ada empat jamaah di kloter lain yang digantikan calon jamaah lain. Di kloter 43 dan 94 misalnya, terdapat calon jamaah asal Cikalongkulon yang meninggal dunia beberapa pekan lalu, tepatnya setelah pelunasan biaya haji.

“Sementara itu yang sakit, keduanya berada di kloter 64. Jadi total ada lima calon jamaah yang batal berangkat di tahun ini,” kata dia.

Menurutnya, kuota untuk jamaah yang gagal berangkat tersebut suah diisi oleh calon jamaah dari kloter dan antrean calon jamaah yang sudah disiapkan. Dengan begitu, total calon jamaah haji yang berangkat tetap 1.350 orang.

“Semua itu dibagi dalam empat kloter, tiga kloter penuh asal Cianjur dan satu kloter gabungan. Sebanyak 138 calon jamaah asal Cianjur digabung dengan jamaah asal Depok di kloter 94,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk rencana pemberangkatan jamaah di kloter 27 pada Rabu dini hari, pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya, termasuk untuk floating pasport.

“Sejak kemarin calon jamaah sudah ada yang datang, puncaknya kemungkinan Selasa sore. Kami sudah siapkan dari segi kemanan dan pelepasan calon jamaah. Malam ini akan diberangkatkan,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments