KPU Cianjur Usulkan 3 Opsi Pembagian Dapil untuk Pileg 2019

0
295

CIANJUR, patas.id – KPU Kabupaten Cianjur bakal mengusulkan tiga simulasi terkait daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ke KPU RI. Uji publik pun bakal segera dilakukan untuk menindaklanjuti simulasi tersebut.

Komisioner Bidang Teknis KPU Kabupaten Cianjur, Kusnadi, mengatakan, tiga usulan simulasi dapil di Cianjur sebelumnya sudah dibahas dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu. Kemudian dibahas kembali bersama perwakilan dari masing-masing partai politik untuk mendapatkan masukan.

“Hari ini kami gelar rapat untuk menindaklanjuti hasil rakor beberapa waktu lalu. Kali ini bersama pihak-pihak yang berkepentingan atau partai politik terkait tiga usulan yang sudah dibuat,” katanya kepada wartawan, Rabu (24 Januari 2018).

Menurutnya, dalam simulasi pertama, dapil tetap sama dengan pelaksanaan Pileg 2014, termasuk kecamatan untuk setiap dapilnya. Tetapi ada perubahan jumlah kursi untuk dapil 1 yang semula 10 kursi menjadi 9 kursi dan dapil 4 dari semula 8 kursi menjadi 9 kursi. “Untuk dapil 2,3, dan 5 masih sama dengan jumlah kursi sebelumnya,” kata dia.

Kusnadi menambahkan, untuk usulan kedua, jumlah dapil akan sama sebanyak lima dapil namun dengan pemetaan kecamatan yang berbeda. Sementara usulan ketiga jumlah dapil bakal ditambah menjadi enam dapil.

“Jumlah kursi untuk setiap dapil sudah dikaji juga dan dimasukan di lampiran yang diusulkan.”

Menurut dia, setelah pengusulan, pihaknya akan menunggu keputusan dari KPU RI untuk memastikan dapil yang dipilih. “Ketentuannya dari tiga usulan akan dipilih satu yang nantinya diterapkan. Tiga usulan itu juga sudah disetujui oleh masing-masing parpol yang ikut dalam rapat hari ini,” katanya.

Dia menambahkan, pedoman teknis terkait dapil juga sudah muncul. Rencananya akan dijadwalkan uji publik dari penyusunan dapil pada 7-13 Februari 2018.

“Pedoman tersebut muncul setelah rakor digelar, makanya baru akan dijalankan dalam waktu dekat. Uji publiknya cukup panjang, mulai 7 Februari 2018,” tutupnya. (isl)

Comments

comments