Munaslub Partai Golkar Dibuka Presiden Jokowi

0
152

JAKARTA, patas.id – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pembukaan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Partai Golkar malam ini di Balai Sidang JCC, Jakarta, Senin (18 Desember 2017). Jokowi-JK kompak datang dengan mengenakan batik. Kedatangan mereka didampingi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Golkar terpilih Airlangga Hartarto.

Jajaran elite Partai Golkar seperti Sekretaris Jenderal Idrus Marham dan Ketua Harian Nurdin Halid juga ikut mendampingi. Sementara para senior partai beringin seperti Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, dan Ketua Dewan Kehormatan BJ Habibie tampak duduk sejajar dengan Jokowi-JK.

Selain dihadiri Jokowi-JK, sejumlah menteri dan pemimpin lembaga tinggi negara seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Menko Polhukam Wiranto, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, ikut hadir dalam pembukaan munaslub ini.

Sementara itu, dari jajaran petinggi partai politik yang hadir di antaranya Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara, dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Munaslub Partai Golkar yang berlangsung 18-20 Desember 2017 dibuka langsung Presiden Jokowi. Dalam munaslub ini, rencananya Partai Golkar akan mengukuhkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum yang sudah ditetapkan dalam rapat pleno 13 Desember lalu.

Berdasarkan jadwal, hari ini munaslub akan menggelar Rapat Paripurna I dengan mengusung agenda pengesahan jadwal acara Munaslub, pengesahan tata tertib, pemilihan pimpinan sidang, dan penjelasan materi sidang.

Esok, Selasa (19 Desember 2017), akan digelar Rapat Paripurna II dengan agenda laporan pertanggungjawaban DPP, pernyataan demisioner pengurus DPP, penetapan AD/ART, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna III pada siang hari dengan agenda pemilihan ketua umum, penetapan ketua umum terpilih, dan pemilihan anggota formatur.

Pada hari terakhir, munaslub akan menggelar Rapat Paripurna IV dengan agenda antara lain pengumuman hasil kerja formatur, penetapan DPP Partai Golkar, Penetapan Ketua Dewan Pembina, Penetapan Ketua Dewan Kehormatan, dan Penetapan Ketua Dewan Pakar. (daz/*)

Comments

comments