Tjahjo Kumolo Buka Kegiatan Jambore Kebangsaan di Cibodas

0
183

CIANJUR, patas.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membuka kegiatan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha yang digagas Forum Cipayung Plus di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Kabupaten Cianjur, Rabu (25 Oktober 2017). Kegiatan yang diikuti hampir 5 ribu lebih peserta dari seluruh Indonesia itu tak hanya bertujuan meneguhkan wawasan kebangsaan, tapi kesamaan visi menggerakkan para pemuda dan mahasiswa untuk berwirausaha.

“Ini sangat bagus. Langkah dan program dalam kegiatan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha ini sangat strategis. Seluruh pimpinan dan organisasi pemuda dan mahasiswa serta elemen masyarakat bisa berkumpul di ini. Mudah-mudahan nanti bisa diterima Bapak Presiden,” kata Tjahjo.

Forum Cipayung Plus merupakan gabungan 15 organisasi pemuda dan mahasiswa. Tjahjo berharap kegiatan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha itu bisa berjalan rutin. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan bisa rutin dilaksanakan setiap tahun sehingga kebersamaan dan gotong-royong akan terus tumbuh dari para pemuda dan mahasiswa,” terangnya.

Jambore Kebangsaan dan Wirausaha di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Kabupaten Cianjur berlangsung 24-29 Oktober. Kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya membangun perekonomian bangsa.

“Energi pemuda seharusnya disalurkan melalui kegiatan positif dan kontributif bagi kemajuan bangsa,” kata Ketua Pelaksana Jambore Kebangsaan dan Wirausaha, Agus Harta.

Pemuda sebagai generasi penentu masa depan bangsa juga perlu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Para peserta yang hadir melalui seleksi ketat. Mereka merupakan pemuda dan mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia.

Seleksi pertama dilakukan untuk peserta patriot muda sedangkan terakhir seleksi peserta wirausaha muda. Kegiatan berupa patriot camp, booth camp wirausaha, outbond, perlombaan, aksi sosial membentuk perpustakaan rakyat, pelatihan skill dan ekspo, bazar serta, pentas seni.

Pendiri Kelompok Cipayung, Akbar Tanjung, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Forum Cipayung Plus. Kegiatan tersebut dinilai sebagai gambaran kemajemukan dari para pemuda dan mahasiswa se-Indonesia.

“Pertemuan seperti ini sebenarnya sudah kita gagas sejak lama, sejak para pendiri Kelompok Cipayung masih hidup. Tapi cita-cita itu baru bisa dilaksanakan hari ini (kemarin),” ujar Akbar.

Banyak tokoh yang sudah dipastikan hadir dalam Jambore Kebangsaan dan Wirausaha di Cibodas, di antaranya Oesman Sapta Odang (Ketua DPD RI), Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI), Tito Karnavian (Kapolri), Enggartiasto Lukita (Menteri Perdagangan), Tjahjo Kumolo (Mendagri), Rini Soemarno (Menteri BUMN), Bahlil Lahadalia (Ketua BPP HIPMI), Yudi Latief (Ketua UKP Pancasila), Ignatius Johan (Menteri ESDM), Imam Nahrawi (Menpora), Achmad Baiquni (Dirut BNI), Kartiko Wirjoatmodjo (Dirut Mandiri), George Hendrata (CEO blibli.com), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Arif Budimanta (Wakil Ketua KEIN), para tokoh Cipayung seperti Bursah Zanubi, Muhammad Yamin, Theo L Sambuaga, Azis Syamsuddin, dan yang lainnya. (daz)

Comments

comments