Dana Desa Harus Dikelola Sebaik Mungkin

0
306

CIANJUR, patas.id – Ratusan kepala desa di Kabupaten Cianjur berkumpul di aula pertemuan‎ salah satu hotel berbintang di Cipanas. Mereka hadir untuk mengikuti dialog terbuka “Pemantapan Pengelolaan Dana Desa”.

Kegiatan yang digelar pada Kamis (13 April 2017) itu dihadiri langsung oleh Anggota II dan III BPK RI, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat Desa, Anggota DPR RI, Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, dan unsur muspida Kabupaten Cianjur.

Selama lebih kurang empat jam, diskusi mengenai pengelolaan Dana Desa di tahun ini dilakukan. Narasumber pun menjelaskan beberapa regulasi yang harus diikuti pemerintah desa dalam mengelola DD.

‎Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengatakan, pemerintah desa harus mengelola anggaran desa untuk pembangunan di wilayahnya. Pemerintah Kabupaten Cianjur, sebatas mengarahkan pembangunan yang saling berkesinambungan.

“Kalau program kan sepenuhnya oleh kepala desa, kami hanya mengarahkan agar pembangunannya selaras‎ dengan program daerah. Misalnya kalau bangun jalan, Pemkab juga dukung bangun jalan. Kalau desa ingin fokus ke pertanian, kami bantu dari segi pembinaan petaninya,” kata dia.

Anggota Komisi XI DPR RI, Ecky Awal Muharam, mengharapkan Dana Desa dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi warga di tingkat desa. Pengelolaan itupun mesti menunjukan pembangunan di desa.

“Alhamdulillah dengan kegiatan ini kepala desa bisa paham mengenai regulasinya agar mengelola anggaran sebaik mungkin. Mereka (kepala desa) juga akuntabel dan mempertanggungjawabkan dengan baik sehingga tak bermasalah secara hukum,” ucapnya.

Dia mengakui, setelah berkoordinasi dengan BPK dan tim audit, ada beberapa desa yang terjerat hukum lantaran pengelolaan yang tidak baik.

“Ya kami harap ke depan di Cianjur tidak ada yang terjerat hukum karena pengelolaan dana desa,” pungkasnya.(isl)

Comments

comments