76 PSK Asal Cina Ditangkap Imigrasi

0
273

JAKARTA, patas.id – Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian menjaring 76 warga negara wanita asal Cina dari beberapa tempat hiburan malam, Sabtu (31 Desember 2016). Ke-76 WNA Cina yang berprofesi sebagai Pekerja Seks Komersil (PSK) ilegal tersebut diamankan dalam rangka penertiban malam tahun baru 2017.

Penangkapan ini merupakan bagian dari operasi pengawasan orang asing dalam rangka penertiban pada malam tahun baru 2017. Operasi dilakukan selama 2 malam beturut-turut di tempat-tempat hiburan malam yang diduga memfasilitasi kegiatan ilegal yang dilakukan orang asing.

Dirjen Penindakan dan Pengawasan Keimigrasian, Yurod Saleh, mengungkapkan bahwa pihaknya merazia tempat-tempat hiburan yang diduga memfasilitasi kegiatan orang asing yang dilakukan secara ilegal. Operasi akhir tahun ini, tambahnya, merupakan operasi terbesar dengan meringkus 76 PSK Cina tersebut.

“Tahun ini Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian mencatat rekor paling banyak mendapatkan hasil, yakni 76 dan semuanya dari Cina, usia sekitar 18-30 tahun.”

Dalam konferensi pers di Gedung Dirjen Keimigrasian, Jakarta Selatan, Minggu (1 Januari 2017), Yurod memaparkan bahwa di wilayah DKI Jakarta serta beberapa wilayah lain, para PSK ini mengaku-aku bekerja sebagai terapis pijat. Namun barang bukti berupa pakaian dalam, alat kontrasepsi, cairan pelumas serta uang pembayaran membongkar kedok terapis mereka.

Tujuh puluh enam PSK Cina ini, lanjut Yurod, diduga melanggar Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Selain tidak bisa menunjukkan paspor yang diminta petugas, para PSK ini pun menyalahgunakan izin tinggal. (cho)

 

Comments

comments