Korban Gempa Aceh Bertambah Jadi 52 Jiwa Meninggal

0
242

NANGGROE ACEH DARUSSALAM, patas.id – Setelah diguncang gempa sebesar 6,4 Skala Ritcher (SR) hari Rabu (7 Desember 2016) pukul 05.03 WIB, korban jiwa dan luka-luka terus bertambah. Puluhan bangunan rusak hingga roboh di Kabupaten Pidie Jaya dan Bireun.

Hasil analisis peta tingkat guncangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan dampak dari gempa Aceh berupa guncangan terkuat terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Pidie Jaya, yaitu Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh. Dampak gempa terasa hingga kabupaten tetangga, yakni Kabupaten Pidie serta Kabupaten Bireun.

Lebih jauh dilaporkan bahwa gempa kali ini terjadi dengan mekanisme sesar geser mendatar. Pusat gempa di timur laut Pidie tergolong dangkal, hanya 15 kilometer, sehingga goncangan terasa kuat di permukaan. Namun, goncangan kuat itulah yang mengakibatkan kerusakan parah di kabupaten Pidie Jaya.

gempa-aceh
Seorang anak termenung di atas puing-puing bangunan yang roboh akibat guncangan gempa. Foto: Heri Juanda, AP.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan bahwa total jumlah korban meninggal dunia mencapai 52 orang. Lima puluh korban meninggal berasal dari Kabupaten Pidie Jaya, sementara dua lainnya dari Kabupaten Bireun.

“Total korban 52 orang meninggal, 73 orang luka berat dan 200 luka ringan.”

Hingga berita ini diturunkan, simpati dan bantuan terus mengalir, pencarian korban terus dilakukan, sementara pemerintah masih menghitung jumlah kerugian yang diderita warga. (cho)

 

 

 

Comments

comments