Puluhan Warga Bojongpicung Terjangkit DBD, Satu Meninggal Dunia

0
46

CIANJUR, patas.id – Puluhan warga di 3 desa di Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, diserang wabah demam berdarah. Satu orang meninggal dunia, sebanyak 50 orang mendapat perawatan di puskesmas setempat, dan 5 orang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur.

Warga yang meninggal dunia atas nama Iis Aisyah (42 tahun), warga Kampung

Babakan Astana, Desa Sukajaya, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur. Sebelum meninggal dunia, korban sempat mendapatkan perawatan di RSUD Cianjur.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Fauzy, menjelaskan, korban atas nama Iis Aisyah sempat dirawat di RSUD Cianjur tanggal 17 Oktober 2019. Iis sempat masuk ICU pada tanggal 18 oktober 2019 namun nyawanya tak tertolong dan meninggal.

Irvan mengatakan, kronologis Iis terjangkit DBD berawal pada tanggal 14 Oktober 2019 pukul 09.00 WIB pasien pergi berobat ke Puskesmas Cikondang dengan keluhan pusing, nyeri perut, dan muntah sebanyak tiga kali. Ia lalu diberi obat paracetamol dan antasid.

“Lalu pada tanggal 17 oktober 2019 pukul 20.00 WIB keluarga berinisiatif membawa pasien ke RSUD Cianjur menggunakan ambulans desa namun tanpa melibatkan petugas kesehatan,” kata Irvan di Cianjur, Rabu 23 Oktober 2019.

Irvan mengatakan, pada 18 Oktober 2019 pukul 11.00 WIB pasien masuk ICU, pukul 11.20 WIB pasien dinyatakan meninggal dunia dan jenazah diantarkan pulang menggunakan ambulans.

“Kami terus melakukan visitasi kepada tiga desa di sana, tempatnya kami gunakan madrasah, masjid, dan tempat umum lainnya untuk pengobatan warga,” kata Irvan. (daz)

Comments

comments