Imunisasi Lengkap untuk Mencegah Difteri

0
194

CIANJUR, patas.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cianjur, Ratu Elisye, mengaku bakal mendorong seluruh pengurus dan para kader PKK untuk mengajak warga di Kabupaten Cianjur agar mengimunisasi anaknya. Hal itu dilakukan untuk menekan jumlah kasus difteri di Kabupaten Cianjur.

Menurutnya, saat ini kasus difteri memang menjadi perhatian pusat karena mengalami peningkatan. Salah satu faktor karena masih banyak yang belum sadar imunisasi lengkap.

“Dengan maraknya kasus ini, kami akan mendorong untuk menggencarkan imunisasi. Bagaimana di setiap kecamatan menjaga warganya terhindar dari difteri, dimulai dengan menyuluhan dan gerakan imunisasi lengkap,” kata istri Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, ini kepada wartawan, Senin (11 Desember 2017).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Neneng Efa Fatimah, mengatakan, mereka yang terjangkit difteri memang rata-rata yang tidak menjalani imunisasi. Bahkan untuk difteri, tidak cukup sekali, namun harus tiga kali diberi vaksin.

“Ketika imunisasinya tuntas, maka kemungkinan terjangkitnya itu hanya tiga persen,” kata dia.

Dia mengungkapkan, di Kabupaten Cianjur masih ada keluarga yang menganggap diimunisasi itu tidak perlu dan malah dinilai membuat anak demam. Padahal, itu hanya gejala biasa yang nantinya akan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Bahkan, lanjut dia, ada yang menganggap bahan yang ada dalam vaksin tidak halal, pahadal mayoritas ulama sudah menyatakan kandungannya halal. Apalagi efeknya membuat daya tahan tubuh dan menghindarkan penyakit berbahaya.

“Makanya kami akan terus mendorong adanya imunisasi lengkap dan menggelorakan imunisasi di setiap wilayah, terlebih dengan meningkatnya kasus difteri,” katanya. (isl)

Comments

comments