Atlet Sakit, Tim Medis Klinik Harapan Sehat Periksa Gratis

0
294

CIANJUR, patas.id – Keprihatinan terkait kondisi atlet Porda Cabor Sepakbola Kabupaten Cianjur mulai banyak dapat perhatian. Salah satunya masalah kesehatan atlet yang menurun.

Kepedulian itupun datang dari Klinik Harapan Sehat. Dua perwakilan, seorang dokter dan satu orang medis‎ secara sukarela memeriksa semua atlet sepakbola, Jumat (20 Oktober 2017) siang di mess PSSI Kabupaten Cianjur. 

Kedatangan dua tim medis tersebut setelah mendengar kabar ada beberapa atlet yang mulai mengeluh sakit dan muntah saat latihan.

Direktur Klinik Harapan Sehat, dr Yusuf Nugraha, mengatakan kehadirannya murni ingin membantu dari sisi sosial bekerjasama dengan awak jurnalis Cianjur.

“Saya ingin membantu, sebab ketika atlet sehat mereka bisa bertanding dengan maksimal dan bisa meraih juara. Yang terangkat dan diharumkan nantinya Cianjur juga,” kata dia.

Sebelum memeriksa semua atlet sepakbola, dr Yusuf memberikan sedikit briefing tentang bantuan pertama yang bisa dilakukan oleh rekan tim jika temannya menderita luka atau susah bernafas karena terjadi benturan.

“Ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh rekan tim jika temannya menderita sakit atau susah pernapasan di lapangan,” kata dia.

Dia mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan, para atlet rata-rata mengalami penyakit kulit, gangguan pencernaan, dan beberapa cedera ringan. Dari 28 pemain, ungkap dia, 20 persennya dalam kondisi tidak prima dan harus menjalani pemeriksaan lanjutan. 

“‎Ada yang diperbolehkan untuk tetap bermain, ada pula yang mesti menjalani observasi lanjutan,” ucapnya.

Dia juga mengaku siap untuk menjadi mitra tim cabor sepakbola sebagai tim medis. “Kami akan bantu, setiap pertandingan akan ada petugas medis dari klinik yang siaga di lapangan,” kata dia.

Di sisi lain, Reza Hendarsyah, tokoh pemuda dan Ketua IMI Korwil Cianjur, mengaku siap membantu atlet cabor sepakbola Kabupaten Cianjur dengan menyiapkan penginapan yang layak untuk istirahat.

“Kami sediakan di salah satu penginapan di Jalan Siti Jenab. Ini bentuk kepedulian kepada sesama atlet, selain itu ada bantuan lainnya yang diberikan,” ucapnya.

Pelatih kepala tim sepakbola Cianjur, Maftuh Maulana, mengaku berterima kasih atas kedatangan medis ke mess tim Porda dan bantuan dari pihak lainnya. “Kami ucapkan terima kasih kepada medis dan semua pihak  yang sudah peduli datang ke sini,” katanya. (isl)

Comments

comments