Dokter RSUD Cianjur Harus Tertib Administrasi

0
505

CIANJUR, patas.id – Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengingatkan manajemen RSUD Cianjur untuk terus memperbaiki pelayanan, administrasi, serta sarana dan prasarana rumah sakit, tidak hanya saat ada penilaian atau akreditasi.
Hal itu diungkapkan Herman setelah mendapatkan hasil penilaian dari Tim Akreditasi, Jumat (29 September 2017). Terungkap ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, mulai dari pelayanan, administrasi, dan sarana.

“Hari ini diterangkan semua hal yang perlu diperbaiki, dan diungkapkan secara terbuka,” kata dia kepada wartawan, Jumat (29 September 2017).

Menurutnya, yang dievaluasi dari pelayanan harus lebih baik, tertibnya administrasi khususnya bagi para dokter, dan adanya beberapa bagian bangunan yang bocor.

“Yang jadi perhatian itu salah satunya administrasi dokter, dimana tidak semua hasil pemeriksaan dibuat secara tertulis dan ada yang bocor. Tapi sudah langsung ditindaklanjuti dan diperbaiki,” ucapnya.

Meski ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, Herman mengharapkan RSUD Cianjur bisa mendapatkan meningkatan akreditasi. Menurutnya, akreditasi tersebut penting untuk mendorong RSUD meningkatkan pelayanannya. Selain itu, akreditasi bakal menunjang rencana Pemkab untuk membuat layanan stroke center di rumah sakit tersebut.

“Jadi banyak hal yang bakal menunjang pelayanan setelah akreditasi. Ketika dapat peningkatan akreditasi, secara otomatis pihak rumah sakit harus segera meningkatkan pelayanan. Ditambah nanti ada stroke center,” ucapnya.

Di sisi lain, RSUD Pagelaran tengah mempersiapkan diri menghadapi akreditasi yang dilaksanakan tahun depan. Salah satunya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari perawat, bidan, dokter, dan administrasi agar kompeten di bidangnya.

“Fokus utama di SDM, supaya kompeten di bidangnya untuk penilaian nanti,” ujar Dirut RSUD Pagelaran, Neng Efa Fatimah.

Menurutnya, selama 2017 ini, perawat, bidan, dan managemen diberi pelatihan secara intensif, mulai dari keamanan dan keselamatan pasien, managemen pelayanan, pencegan dan pengendalian infeksi serta managemen fasilitas.

“Beberapa waktu terakhir kami genjot pelatihan supaya SDM-nya memang berkualitas. Semuanya mengarah ke keselamatan dan kualitas pelayanan,” ucap dia.

Di samping itu, untuk mengejar akreditasi D untuk RSUD Pagelaran, Efa juga melakukan pemenuhan fasilitas. “Fasilitas disediakan, tenaga medis pun kami terus tambah supaya sesuai ketentuan. Kami harap ketika menghadapi akreditasi, RSUD Pagelaran suah siap,” ucapnya. (isl)

Comments

comments