Selusin Manfaat Nenas Bagi Kecantikan

0
295

PATAS.ID – Manfaat buah nenas sangat beragam, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Khusus untuk kecantikan, ini dia manfaatnya:

  1. Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah. Gunakan kulit nanas yang biasanya kita buang ke tong sampah dan gosokkan pada bagian dagingnya ke telapak kaki kita. Cara ini efektif karena kulit kaki yang kasar dan kapalan dapat mengelupas sehingga dapat membantu kita memiliki telapak kaki dan tumit yang lebih halus, lembut, dan terlihat lebih cantik.
  2. Membantu Kulit Tampak Lebih Muda. Untuk wanita yang menginginkan kulit kenyal dan halus, sertakan buah eksotis ini dalam daftar belanjaan. Nenas memberi sintesis kolagen di tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen, semakin kencang dan lebih fleksibel kulit kita. Oleskan jus nenas segar pada wajah dan basuh dengan menggunakan air keran setelah 10 menit. Lihat hasilnya.
  3. Kesehatan Gigi dan Gusi. Hanya makan irisan nenas akan menjaga gigi dan gusi yang sehat. Selain itu, nenas juga bisa membantu membuat gigi kita terlihat lebih putih dan menghilangkan plak,  terutama yang disebabkan oleh enzim yang disebut bromelain.
  4. Mencerahkan Wajah. Potong-potong nenas menjadi beberapa irisan, dan letakkan pada wajah sebagai masker. Masker buah nenas dapat mengangkat sel kulit mati dan melancarkan aliran darah, yang tentunya akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.
  5. Mempercantik dan Memperkuat Kuku. Kekurangan vitamin A dan B bisa membuat kuku rapuh. Buatlah jus nenas tanpa gula lalu celupkan kuku kita pada cairan nenas tersebut beberapa saat.
  6. Membantu Merawat Kecantikan Kulit. Cuaca yang panas dan polusi yang terus menerus terjadi membuat kulit kusam. Tenang saja, kita hanya perlu menggunakan nenas untuk membantu mengurangi efek hidrasi pada kulit. Caranya cukup mudah, Campurkan sekitar tiga sendok makan nenas yang telah dilumatkan sampai hancur dengan kuning telur dan sedikit susu. Aplikasikan di bagian kulit yang kita inginkan dan biarkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.
  7. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah. Ambillah sedikit daging nenas lalu hancurkan, campurkan dengan minyak kelapa, lalu lihatlah hasilnya. Nenas memiliki sifat menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit.
  8. Menghilangkan Kutil. Salah satu cara terbaik untuk menangkal kutil, tahi lalat, dan noda di wajah adalah dengan menerapkan nanas langsung ke kulit. Diamkan selama 10 menit dan lihat hasilnya. Hebatnya, kandungan vitamin C pada nenas aman terhadap kulit sensitif.
  9. Mencegah Rambut Rontok. Vitamin C pada nenas merupakan elemen penting yang membantu mencegah kerontokan rambut sekaligus berfungsi sebagai antioksidan kuat yang mampu memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Makanlah beberapa irisan nanas setiap harinya juga dapat menjadikannya jus segar dan minumlah secara rutin untuk menuai manfaat vitamin C dan mencegah rambut rontok.
  10. Mengatasi Gatal pada Kulit Kepala. Saat kulit kepala terus menerus dihinggapi rasa gatal, cobalah nenas untuk mengatasinya. Bromelain yang terdapat pada buah nanas adalah enzim antioksidan yang memiliki kekuatan anti-inflamasi. Konsumsi nenas setiap hari dapat mencegah dan meredakan kondisi peradangan yang mempengaruhi kulit kepala. Selain itu juga, dapat membantu mengatasi infeksi pada kulit kepala, dan rambut rontok.
  11. Membantu Pertumbuhan Rambut yang Tebal. Ekstrak nenas diketahui memperkaya folikel rambut dengan memberikan nutrisi penting, yang pada akhirnya dapat meningkatkan elastisitas dan ketebalan rambut.
  12. Mencegah Jerawat. Sebagian orang mungkin telah mengetahui bahwa buah ini dapat menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif. Enzim bromelain pada buah ini mencegah munculnya bintik bekas jerawat, mengecilkan pori-pori sekaligus menghilangkan komedo.

Namun, harus diketahui bahwa meskipun buah ini banyak khasiat dan manfaatnya, namun perlu berhati-hati bagi wanita yang sedang hamil. Buah nanas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Namun bagi mereka yang tidak sedang hamil, manfaat buah ini tentu tak boleh disia-siakan. Ayo beli nenas!

Comments

comments