Kulit Bawang Ternyata Kaya Nutrisi! Ayo Manfaatkan!

0
290

PATAS.ID – Sudah menjadi kebiasaan kita untuk membuang kulit bawang hasil kupasan karena menganggapnya sebagai sampah. Namun, peneliti di Department of Agricultural Chemistry di Universitas Autonomous (Spanyol) bekerja dengan Universitas Cranfield (Inggris), malah membuktikan sebaliknya. Menurut hasil penelitian yang mereka lakukan, kulit bawang ternyata sangat kaya nutrisi.

Vanesa Benitez, salah seorang peneliti dari Universitas Autonomous, mengungkapkan bahwa timnya telah meneliyi substansi-substansi dan manfaat setiap lapis bawang. Hasil penelitian mereka dipublikasikan dalam Journal Plant Foods for Human Nutrition dengan judul Characterization of Industrial Onion Wastes (Allium cepa L.): Dietary Fibre and Bioactive Compounds.

“Kulit bawang yang sering kita buang merupakan sumber alami yang tak ternilai karena bawang mengandung senyawa yang sangat kaya dan berguna bagi kesehatan tubuh manusia.”

Menurut hasil penelitian yang dilakukan Benitez dan rekan-rekannya, dua lapisan terluar kulit bawang (baik bawang putih, bawang merah, maupun bawang bombay) mengandung serat, flavanoid, serta senyawa bernama quercetin. Oleh karenanya, mengonsumsi bagian terluar kulit bawang bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, mengobati keluhan usus, kanker kolon, diabetes tipe 2 serta kegemukan atau obesitas. Senyawa-senyawa fenolik dalam kulit bawang juga  bersifat anti karsinogen serta antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit bisa mencegah penyakit koroner.

Lalu bagaimana cara mengolah kulit bawang agar bisa menghasilkan manfaat bagi tubuh? Ada banyak cara. Untuk pemakaian sehari-hari, kulit bawang bisa kita kupas seperti biasa namun ikut dimasukkan langsung ke dalam masakan agar manfaatnya diserap. Setelah masakan matang, kita bisa membuang kulit bawang tersebut.

Cara lainnya yang lebih efektif adalah dengan membuat minuman dari kulit bawang, seperti membuat teh. Kita hanya harus memasukkan kulit bawang yang telah dibersihkan ke dalam air panas selama 15-20 menit lalu meminumnya sebelum tidur dan rasakan manfaatnya. (cho)

 

 

Comments

comments