Dua Kampung di Desa Cikanyere Kesulitan Air Bersih

0
298

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Desa Cikanyere Kecamatan Sukaresmi mengaku tengah melakukan persiapan menghadapi kekeringan, sebab ada dua kampung di desa tersebut yang selalu mengalami kesulitan air bersih.

Sekretaris Desa Cikanyere, Saepul Malik, mengatakan bahwa meski masih dalam kondisi musim hujan, ‎dalam waktu dekat musim kemarau akan datang sehingga perlu ada persiapan. “Jadi di sini, setiap musim kemarau, ada dua kampung yang kekeringan. Makanya dipersiapkan sejak sekarang agar nantinya bisa diminimalisir.”

Menurut Saepul, lokasi yang berada di perbukitan membuat Kampung Cihurang dan Kampung Pakuon dilanda kekeringan. Bahkan tidak hanya di pertengahan musim, kekeringan sudah terjadi sejak awal musim. Warga pun harus mencari air bersih ke sungai untuk aktivitas sehari-hari.

“Kalau untuk minum bisa terpenuhi, tapi kalau mandi tidak terpenuhi. Makanya warga cari air ke sungai. Padahal kan sungai itu tidak terjamin kebersihannya, bisa saja di hulu ada yang mencemari sungai. Itu yang kami khawatirkan.”

‎Menurut dia, Pemdes Cikanyere sudah menyiapkan anggaran untuk membuat pipa dari sumur milik Desa. Sayangnya banyak warga yang merusak pipa dengan cara membocorkannya terutama di jalur pertanian. Hal itu dilakukan untuk mengairi lahan yang kekeringan.

“Ini yang sedang kami antisipasi. Bagaimana caranya mengajak warga untuk menjaga aset tersebut. Kan kasihan warga di dua kampung yang kesulitan air, kalau dibocorkan nanti tak bisa dapat air sedikit pun. Kami juga berharap kalau di musim kemarau dari Pemkab ada bantuan suplai air,” ucapnya. (isl)

Comments

comments