Bahaya Memakai Make Up Saat Berolahraga

0
260

PATAS.ID – Perempuan selalu ingin tampil cantik dalam segala kondisi, termasuk saat berolah raga. Tak heran jika di tempat fitness atau bahkan di lapangan terbuka, banyak perempuan yang tampil prima dengan make-up atau kosmetik lengkap. Padahal menurut para pakar kecantikan kulit, memakai kosmetik saat berolahraga sangat tidak disarankan karena berbahaya.

Emilie Montassier, manajer di Bioderma, mengungkapkan bahwa kulit butuh bernafas saat tubuh mengeluarkan keringat. Oleh karenanya, pori-pori harus terbuka dan dihindarkan dari segala jenis kosmetik. “Saat berkeringat, kulit membutuhkan hidrasi. Cadangan air bisa didapat dari pori dan permukaan kulit. Oleh karena itu, sangat bijaksana jika pori-pori tak tertutup kosmetik saat berkeringat,” paparnya.

Sementara itu dr. Harold Lancer, ahli kulit terkemuka sekaligus pendiri Lancer Skincare, mengungkapkan bahwa saat ini, olahraga sudah dianggap sebagai sebuah kegiatan sosial. Tak heran jika perempuan ingin tampil cantik, bahkan berfoto bersama untuk diunggah ke jejaring sosial. Namun perilaku tersebut sesungguhnya berbahaya.

“Kosmetik akan menutupi pori-pori saat berolahraga. Padahal, keringat dimaksudkan untuk membuang racun dari tubuh kita. Jika pori-pori tersumbat, racun takkan keluar. Kondisi kulit yang bersih tanpa kosmetik sesaat sebelum berolahraga selalu saya sarankan pada pasien-pasien saya. Saya juga menyarankan agar rambut pasien selalu terikat saat berolahraga  agar untaian rambut tak menghantam wajah saat bergerak, untuk menghindari iritasi.”

Namun jika kita merasa tak percaya diri tampil di depan umum tanpa kosmetik, Fred Letailleur, ahli kecantikan kulit dari perusahaan kosmetik terkemuka Yves Saint Laurent (YSL), menyarankan agar kita segera membersihkan kosmetik begitu selesai berolahraga. “Segera bersihkan untuk menghindari pembesaran pori-pori dan menumpuknya kotoran,” sarannya. (cho)

Comments

comments