Birokrasi Berbelit, Dewan Akan Panggil BPJS Kesehatan

0
310

CIANJUR, patas.id – DPRD Kabupaten Cianjur menyayangkan prosedur klaim atau penggunaan BPJS Kesehatan yang berbelit. Akibatnya penangan yang bersifat rujukan menjadi terhambat.

Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi Partai Hanura DPRD Kabupaten Cianjur, Ade Sobari, saat dihubungi melalui telepon seluler. Menurutnya, proses pengurusan klaim BPJS kesehatan terlalu panjang, apalagi untuk rujukan ke rumah sakit di luar kota.

“Untuk bisa dilayani di luar kota seperti di Bandung harus mendapat rekomendasi dari RSUD Cianjur. RSUD pun katanya harus rekomendasi dari Puskesmas. Ini hanya minta rekomendasi tapi proses dan waktunya panjang, padahal penanganan pasien itu sifatnya segera.”

Menurutnya, untuk pasien yang penanganannya harus di rumah sakit dan darurat, prosedur klaim mestinya dipangkas supaya pelayanan bisa lebih cepat. Jika tidak, pasien akan menunggu lama agar dapat diurusi.

“Yang ada semakin parah sakitnya. Ini rakyat yang bayar tapi prosesnya berbelit. Kasihan pasien, apalagi kalau sudah dibawa ke luar kota tapi mesti balik lagi ke daerah untuk mengurus kelengkapan dan prosedurnya. Harus ada perubahan sistemnya supaya lebih mudah,” ujarnya seraya menambahkan bahwa Dewan akan memanggil BPJS Kesehatan di Cianjur terkait proses klaim yang panjang tersebut.

“Ya, kami akan panggil, kalau bisa setelahnya ada kebijakan pemendekan proses kepengurusan klaim.”

Di samping itu, lanjut Ade, prosedur yang selalu mengharuskan adanya rekomendasi dari Puskesmas juga menjadi hambatan. ‎Pasalnya, Puskesmas tidak bukan selama 24 jam, bahkan beberapa petugas kerap tak ada di tempat ketika jam kerja.

“Harusnya sampai sore, kadang siang juga sah tidak ada petugasnya. Ini yang jadi hambatan untk proses klaim. Jadi mesti ada pembenahan di koordinai lintas instansinya. Jangan sampai ada satu proses yang menghambat. Pasalnya ini menyangkut kesehatan, pelayanan, dan keselamatan mereka yang sakit, kalau terlambat penanganan karena prosedur yang ribet sangat disayangkan,” tegasnya. (isl)

Comments

comments