Insya Allah, Malam Tahun Baru Stok Darah Aman

0
197
Petugas saat merapikan kantong-kantong yang berisi darah di dalam lemari refrigerator ( alat untuk menyimpan stok darah) di kantor PMI Surabaya (30/6), Memasuki bulan Ramadhan, jumlah stok persediaan darah di PMI Surabaya dipastikan mengalami penurunan hingga 40% dari perolehan darah pada hari-hari biasa. Hal itu disebabkan para pendonor darah merubah pola donornya seiring dengan pelaksanaan puasa Ramadhan. Beritajoss/

CIANJUR, patas.id – Unit Donor Darah PMI Kabupaten Cianjur menyatakan stok darah saat ini cukup untuk menghadapi malam tahun baru. Tingginya angka kecelakaan saat malam pergantian tahun membuat kebutuhan darah kerap kali bertambah.

Kepala UDD PMI Cianjur, Sanny Sanjaya, mengatakan, sepekan lalu, stok darah sangat terbatas dan diperkirakan tak akan cukup hingga pergantian tahun. Namun beberapa hari lalu, lanjut dia, pihaknya mendapatkan tambahan stok dengan adanya kegiatan donor darah di salah satu universitas di Bandung.

“Alhamdulillah ada tambahan 130 labu. Kebetulan Cianjur yang diminta membantu, kami mendapatkan sebanyak itu,” kata dia, Jumat (30 Desember 2016).

Menurutnya, stok yang ada di UDD PMI Kabupaten Cianjur kini tidak hanya cukup untuk menghadapi malam pergantian tahun, namun juga cukup hingga dua pekan ke depan.

“Meskipun saat malam tahun baru, permintaan sering meningkat. Tapi kami perkirakan stok akan cukup sampai dua pekan untuk setiap golongan darah,” kata dia.

Sanny mengungkapkan, setiap tahunnya momentum hari besar seperti Lebaran Idul Fitri dan tahun baru, menjadi saat di mana stok darah harus cukup dan melebihi kuota biasanya. “Angka kecelakaan selalu tinggi, sehingga permintaan darah juga banyak,” kata dia.

Dia mengatakan, untuk di akhir Desember ini tidak ada permintaan donor darah dari intansi, lembaga, atau kelompok manapun. Menurutnya, jadwal donor darah baru akan padat pada awal 2017.

“Untuk memenuhi kebutuhan mendadak kami banyak jaringan yang siap dihubungi dan diminta kapan saja. Jadi sebenarnya tak perlu khawatir. Kami harap ke depan semakin banyak yang donor darah, sehingga kebutuhan darah bisa terpenuhi atau mungkin Cianjur ke depan bisa menyumbang ke daerah lain,” tandasnya.(isl)

Comments

comments